Tanpa KTP dan KIP,  Ratusan Penduduk Pendatang  Dijaring

Pol PP jaring penduduk pendatang

Mangupura, balipuspanews.com -Tim gabungan Polres Badung, Polsek Mengwi, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Perangkat Desa dan Unsur Pamswakarsa Desa Munggu, Mengwi, Badung, melaksanakan sidak penduduk pendatang, Selasa (17/9) dinihari lalu. Sebanyak 132 penduduk terjaring dalam sidak yang tidak memiliki KTP dan KIP.

Tim gabungan berjumlah 92 orang ini bergerak ke wilayah Desa Munggu, Selasa (17/9) sekitar pukul 04.00 dinihari. Disamping melakukan pendataan terhadap administrasi kependudukan Bhabinkamtibmas dibantu peserta yang lainnya melakukan pengawasan dan pemeriksaan surat-surat kelengkapan diri.

Sasaran utama adalah barang yang diduga digunakan melakukan kejahatan seperti linggis, sajam, narkoba, bahan peledak dan lain lain. Selain itu, sasaran terhadap orang yang dicurigai maupun tidak punya E KTP.

Bila ditemukan pelanggaran tidak memiliki e- KTP diarahkan pulang untuk mengurus KTP, dan bila ada pelanggaran hukum pidana dilakukan penegakan hukum oleh Polri.

Terkait pemeriksaan itu, petugas menjaring 132 penduduk dan 24 tercatat tidak memiliki KTP dan 108 tidak memiliki KIP. Ratusan penduduk pendatang tersebut dibawa ke Kantor Desa untuk menerima pengarahan tentang tertib administrasi kependudukan.

“Di kantor Desa, petugas Bhabinkamtibmas mengajak penduduk pendatang untuk selalu patuh dan tertib terhadap administrasi kependudukan serta menghimbau agar selalu waspada terhadap warga maupun orang yang tidak dikenal guna menghindari kejadian yang tidak kita inginkan bersama,” ujar Kapolres Badung AKBP Yudith Satrya Hananta, Selasa (17/9). (pl/bpn/tim)

 

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here