Selasa, Mei 21, 2024
BerandaBulelengTarget Retribusi Tempat Wisata Rp 4,5 Miliar, Dispar Mulai Ambil Langkah Strategis

Target Retribusi Tempat Wisata Rp 4,5 Miliar, Dispar Mulai Ambil Langkah Strategis

BULELENG, balipuspanews.com – Mulai meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Buleleng ditambah capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi tempat wisata di angka 90,9 persen ditahun 2022. Membuat Dinas Pariwisata (Dispar) memasang target PAD dari retribusi tempat wisata di 2023 sebesar Rp 4,5 Miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, I Gede Dody Sukma Oktivas Askara menyebutkan capaian angaka 90,9 persen berasal dari total realisasi pendapatan dari sisi retribusi pelayanan tempat pariwisata sebesar Rp 1,62 Miliar dari target sekitar Rp 1,78 Miliar di tahun 2022.

Hasil tersebut didapatkan dari sejumlah tempat wisata yang bekerjasama dengan Dispar seperti Daerah Tujuan Wisata (DTW) Air Panas Banjar dengan capaian sekitar Rp 846 Juta.

“Kita bersyukur bisa mencapai target itu, memang setelah Maret 2022 pandemi Covid-19 sudah mulai melandai. Maka 2023 ditingkatkan targetnya menjadi Rp 4,5 Miliar,” sebut Dody saat dikonfirmasi, Selasa (10/1/2023).

Kemudian untuk bisa mencapai target PAD dari sisi tempat wisata itu, Kadis Gede Dody menyampaikan bahwa Dispar sudah mulai melaksanakan langkah-langkah strategis salah satunya melalui beberapa kegiatan promosi destinasi wisata serta kerjasama kembali dengan destinasi wisata yang baru.

BACA :  Sanggar Tari Lumbung Gelar Lomba Tari Condong dan Gender Wayang Berpasangan se-Bali

Sedangkan untuk langkah jangka panjangnya Dispar akan berusaha menyusun beberapa draf peraturan bupati (Perbub) misal seperti tentang pengembangan ekowisata yang terkorelasi dengan penyusunan Perbub tentang destinasi pariwisata termasuk Perbup tentang pengembangan desa wisata.

“2022 Buleleng sudah memiliki 75 desa wisata dari situ kuantitas atau jumlah kita akan kerjakan, dan di 2023 kita berusaha meningkatkan kualitas daripada desa wisata dan itu tentu berkaitan dengan Perbup tentang klusterisasi daripada desa wisata,” sambungnya.

“Kita juga berharap jumlah kunjungan wisatawan di 2023 bisa meningkat apalagi dengan target 2023 destinasi baru turyapada tower kawasan puncak dan kita harapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan meningkat,” pungkasnya.

Penulis : Nyoman Darma
Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular