Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuaten Karangasem bakal gencarkan sosialisasi
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuaten Karangasem bakal gencarkan sosialisasi
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuaten Karangasem bakal gencarkan sosialisasi baik dengan cara turun langsung bertatap muka maupun sosialisasi melalui media cetak, elektronik, radio, media online termasuk media social.

Menurut Ni Putu Desy Natalia selaku Devisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Masyarakat dan SDM KPU Karangasem, berkaca dari pemilu tahun 2014 lalu, jumlah paritisipasi pemilih pada Pemilu tahun 2019 mengalami peningkatan sebanyak 2 persen dari 76 persen menjadi 78 persen. Hanya saja jumlah tersebut masih bisa dikatakan dibawah target.

Kini KPU Karangasem ditargetkan untuk meningkatkan partisipasi pemilih hingga naik diangka 85 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu sebelumnya yang berjumlah sebanyak 380.195 orang pemilih. sehingga untuk mengejar target tersebut pihaknya akan semakin menggencarkan sosialisai.

“Proses Pemutakhiran data pemilih kita sudah lakukan, yang merasa kemarin dapat C6 kami polanya tanya langsung turun, apabila ditemukan akan langsung kami cek untuk data tahapan pemutakhiran,” timpal Ni Luh Kusmirayanti Devisi Perencanaan dan Data KPU Karangasem.

Sebagai langkah awal, KPU Karangasem siang ini, Jumat (18/10/2019) menggelar kegiatan evaluasi Pemilutahun 2019 dan Persiapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karangasem tahun 2020 dengan menghadirkan sejumlah awak media beserta Dinas Kominfo Karangasem.

Dalam kesempatan tersebut KPU Juga menghadirkan Organisasi Amatir Radio (Orari) lokal Karangasem dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) untuk membahas tentang langkah – langkah menjaga komunikasi agar tetap terphubung untuk mengantisipasi kemungkinan disejumlah wilayah terjadinya blank spot. Disamping itu, untuk mempercepat komunikasi karena seperti yang diketahui sampai saat ini Gunung Agung masih berstatus Siaga (Level III).

“Pada intinya kami siap untuk mendukung, namun kami belum tau perkembangan di KPU, karena trakhir kami melaksanakan Dukom untuk semua TPS tahun 1998 setelah itu samapi akhirnya sekarang kami kembali diajak kordinasi,” Kata Ketua Orari Lokal Karangasem, I Gusti Semara Bawa. (Rls/bpn/tim)