Selasa, Juli 16, 2024
BerandaKarangasemTargetkan Partisipasi Pemilih 75 Persen, Sosialisasi KPU Karangasem Sasar Gen Z

Targetkan Partisipasi Pemilih 75 Persen, Sosialisasi KPU Karangasem Sasar Gen Z

KARANGASEM, balipuspanews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem menargetkan partisipasi pemilih meningkat pada Pilkada November 2024 mendatang.

Sesuai dengan target dari KPU Bali, partispasi pemilih pada Pilkada mendatang diharapkan mencapai 75 persen atau meningkat dari Pemilu tahun 2024 sebesar 71 persen.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM KPU Karangasem, I Kadek Sukara tak menampik target yang diberikan itu.

Bahkan ia berharap nantinya partisipasi bisa meningkat lahir murni karena kesadaran berdemokrasi meningkat.

“Pemilih di Karangasem saya harap jangan mudah terseret pada kepentingan pragmatis,” kata Sukara.

Untuk mendukung target tersebut, KPU Kabupaten Karangasem juga menggeber program goes to campus untuk melakukan sosialisasi tatap muka sekaligus mengajak generasi gen Z terlibat aktif pada Pilkada Serentak 27 November 2024 yang akan datang.

Kegiatan hari ini, Kamis (20/6/2024) dilaksanakan di Kampus Lembaga Pelatihan Kerja Swasta World Training Center, Sosialisasi difokuskan dengan menyasar pemilih dari kalangan gen Z yang diikuti sekitar 70 orang peserta.

BACA :  Wali Kota Jaya Negara Buka MPLS Tingkat SMP

Menurut Sukara pendidikan pemilih terus dilakukan dalam upaya membangun kesadaran kritis reflektif tentang hak dan kewajiban pemilih di hadapan negara dengan sistem demokrasi.

“Pendidikan pemilih meletakkan pemilih sebagai subjek yang membangun nalarnya sendiri. Harapannya dapat melahirkan pemimpin berintegritas untuk kesejahteraan kita semua dari Pilkada Serentak pada 27 November 2024 nanti,” kata Sukara.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Karangasem nanti, Sukara ingin agar pemilih jangan sampai tergoda dengan money politik. Harapannya pemilih dapat memilih dengan mandiri untuk mencari pemimpin yang amanah untuk menentukan nasib 5 tahun kedepan di Karangasem.

Ia pun mengajak para peserta sosialisasi untuk menyatakan siap datang ke TPS, dan ikut mengajak keluarganya agar menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, serta Bupati dan Wakil Bupati Karangasem.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular