Kamis, April 18, 2024
BerandaBisnisTarif Tol Bali Mandara Naik Mulai 8 Desember 2017

Tarif Tol Bali Mandara Naik Mulai 8 Desember 2017

Denpasar, balipuspanews.com – Terhitung mulai tanggal 8 Desember 2017, tol Bali Mandara akan memberlakukan tarif baru.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol (JBT), Akhmad Tito Karim dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (5/12).

Tito mengungkapkan bahwa penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali dengan melihat laju inflasi.

Tarif baru ini dimaksudkan untuk mempertahankan tingkat pelayanan kepada pengguna jalan tol, di samping untuk memberikan kepastian pengembalian investasi infrastruktur jalan tol.

“Jadi, sesuai undang-undang, pengguna jalan tol dikenakan kewajiban membayar tol. Dan pendapatan tol itu yang akan digunakan untuk mempertahankan pelayanan, pengembalian investasi, pemeliharaaan, dan pengembangan jalan tol,” ujar Tito.

Lebih lanjut Tito Karim mengatakan bahwa sebelum tarif tol disesuaikan, Badan Pengatur Jalan Tol telah menurunkan tim inspeksi untuk menilai apakah Jalan Tol Bali Mandara sudah memenuhi SPM (Standar Pelayanan Minimal). Di samping itu, BPJT juga telah meminta data inflasi di wilayah Bali kepada Badan Pusat Statistik (BPS).

“Berdasarkan PP 15/2005, formula penghitungan tarif baru berdasarkan tarif lama ditambah dengan inflasi. Data riil dari BPS menunjukkan bahwa selama dua tahun terakhir inflasi di Bali hanya 5,89%, sehingga BPJT mengusulkan kepada Menteri PUPR kenaikan tarif sebesar inflasi tersebut,” ujar Tito Karim.

Penghitungan tarif tol baru berdasarkan tarif lama ditambah inflasi tersebut masih harus dilakukan pembulatan terdekat ke kelipatan nilai Rp 500. Formula ini juga diberlakukan ke semua golongan kendaraan. Hasilnya, karena inflasi di Bali sangat kecil, maka tarif untuk motor di Jalan Tol Bali Mandara tidak mengalami penyesuaian.

“Jadi untuk motor tidak ada kenaikan tarif,” jelas Tito Karim.

Penetapan tarif tol selengkapnya berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 971/KPTS/M/2017, tanggal 30 November 2017, tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Jalan Tol Bali Mandara (Nusa Dua – Ngurah Rai – Benoa), maka terhitung mulai Jumat, 8 Desember 2017, pukul 00:00 Wita.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular