Bupati Jembrana I Putu Artha (tengah), Kadis Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Made Dwi Maharimbawa (kiri) dan Kabid Perhubungan Agung Diputra (kanan).
Bupati Jembrana I Putu Artha (tengah), Kadis Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Made Dwi Maharimbawa (kiri) dan Kabid Perhubungan Agung Diputra (kanan).
sewa motor matic murah dibali

NEGARA, balipuspanews.com- Pemkab Jembrana menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2019 dari pemerintah karena dinilai sukses menata transportasi dan fasilitas publik dengan baik. Penghargaan diserahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertepatan Hari Perhubungan Nasional, di Jakarta Minggu, (15/9/), diterima langsung Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Jembrana, I Made Dwi Maharimbawa mewakili Bupati Jembrana I Putu Artha.

Menhub menjelaskan pemberian WTN merupakan upaya pembinaan dari Kementerian Perhubungan kepada pemerintah daerah agar memenuhi kriteria bagi penyelenggaraan pelayanan transportasi dan fasilitas publik.Ada beberapa kriteria dalam penilaian WTN tahun ini.

Pertama, sistem lalu lintas yang baik , Kedua, sarana transportasi yang baik, mulai armada angkutan umum dan komponen pendukungnya. Ketiga prasarana angkutan umum, seperti terminal, halte, pedestrian, rambu-rambu lalu lintas dan lainnya.

Keempat faktor umum yang mendukung penyelenggaraan dan pelayanan angkutan umum termasuk inovasi dan terobosan daerah. Kelima perhatian dan kepedulian Pemda kepada angkutan umum.

I Made Dwi Maharimbawa menjelaskan , penghargaan diterima Jembrana melewati tahapan penilaian sebelumnya. Meliputi kondisi lalu lintas, kesiapan personil, angkutan, fasilitas jalan termasuk berbagai kelengkapan serta penerangan jalan yang memadai.

“Dari sisi transportasi kita sudah siapkan terminal persiapan untuk barang dan orang , termasuk juga pengamanan jalur lalu lintas , karena Jembrana dilintasi jalan nasional. Pelayanan itu yang kita utamakan, “terangnya.

Dengan penghargaan ini, tentunya Pemkab Jembrana tidak akan berpuas diri. Langkah berikutnya dipaparkan Maharimbawa, pihaknya akan mempersiapkan lebih banyak lagi kantong–kantong parkir bagi pengemudi agar lebih aman dan nyaman dalam perjalanan.

“Jadi ada pengaturan pada jam –jam tertentu agar tidak semrawut. Termasuk juga menambah penerangan jalan , agar lalu lintas lebih aman bagi masyarakat. Selain itu disiapkan titik titik kilomerter tempat beristirahat serta petunjuk jalan pendukung ,”jelasnya.

Sementara Bupati Artha , ditemui Rabu ( 18/9), berterimakasih serta mengapresiasi upaya sinergis yang telah dilakukan jajarannya bersama seluruh pihak terkait. Dengan raihan WTN tersebut, dirinya berharap pembangunan di bidang perhubungan dan transportasi di Kabupaten Jembrana semakin meningkat.

“Jembrana kota kecil namun memiliki lalu lintas padat , mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Itu dibuktikan tingkat kecelakanan tidak terlalu besar. Ada penurunan dibanding sebelumnya, “ujarnya.

Artha berharap penghargaan WTN yang sudah empat kalinya diraih ini bisa dipertahankan serta memacu kesadaran masyarakat sebagai pengguna jalan lebih tertib lagi terutama dalam pemakaian alat –alat keselamatan dikendaraan.

“ Penghargaan ini tentunya memotivasi kita agar lebih baik lagi dan hal itu tentu perlu dukungan semua pihak serta kerjasama selama ini sudah baik khususnya dengan Polres Jembrana bisa lebih ditingkatkan,” pungkasnya.(adv/nm/bpn/tim)