Petugas dan masyarakat bahu-membahu mengatasi tebing yang longsor
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Semarapura, balipuspanews.com –
Hujan lebat yang nyaris nonstop mengguyur Klungkung belakangan ini, menimbulkan bencana longsor di beberapa kawasan.

Termasuk tebing Tukad Melangit yang longsor secara tiba-tiba, sehingga sempat membuat lalu lintas akses jalan di kawasan Banjarangkan menuju Gianyar terhambat beberapa jam, pada Jumat (12/1).

Tebing Tukad Melangit yang longsor, tepatnya di sebelah timur jembatan Tukad Melangit yang perbatasan Kabupaten Klungkung dengan Kabupaten Gianyar.

Berdasarkan laporan masyarakat melalui WA “Klungkung  Siaga Bencana”, diperkirakan longsornya tebing tersebut sekitar pukul 20.00 Wita.

Kepala BPBD Klungkung Putu Widiada SSos membenarkan adanya tebing Tukad Melangit yang longsor secara tiba-tiba, diakibatkan hujan lebat yang sempat mengguyur Kabupaten Klungkung.

Akibat longsornya terbing tersebut, mengakibatkan akses jalan tertutup sekitar 2/3  bagian jalan dan sempat  menghambat arus lalu lintas selama beberapa menit.

“Aparat kita yang siaga 24 jam sempat menangani material yang menghambat harus lalin akibat longsornya tebing Tukad Melangit yang berada disisi timur jembatan Tukad Melangit,” ujarnya.

Namun dirinya merasa bersyukur, saat musibah terjadi tidak ada kendaraan yang lewat sehingga tidak ada korban manusia dan penanganan pemindahan material dilakukan secara cepat. Sekitar 1 jam pemindahan material sudah kelar tuntas sekitar pukul 21.00 Wita.

Untuk menangani pembersihan material tebing yang longsor , tim TRC BPBD KLungkung yang bersiaga selama 24 jam menurunkan sekitar tujuh orang personelnya serta tiga anggota Polsek Banjarangkan di-back up personel  Polres Klungkung.

Adapun perlengkapan yang dipergunakan untuk mengevakuasi material yang menumpuk, antara lain  1 unit mobil rescue BNPB, 1 unit mobil kijang operasional BPBD Kab. Klungkung, 1 unit mobil patroli Kepolisian serta peralatan lainnya untuk memudahkan pengerjaan.

Sementara itu, salah seorang warga sekitar lokasi yang dipanggil Komang Gopa menyebutkan, kejadian longsornya  tebing Tukad Melangit tersebut memang diawali dengan turunnya hujan lebat seharian dan saat kejadian ada suara seperti  suara menggelegar dan bergemuruh dari atas tebing.

“Memang sebelum tebing ambrol longsor, ada suara  menggelegar dan bergemuruh  dari atas tebing,” ujarnya  menuturkan awal mula kejadian. (Roni)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...