Tekan Kebocoran Retribusi, Dewan Bangli Dorong Penerapan E-Ticketing

Nyoman Budiada, Wakil Ketua DPRD Bangli
Nyoman Budiada, Wakil Ketua DPRD Bangli

BANGLI, balipuspanews.com – DPRD Bangli mendorong Pemkab Bangli yang tahun ini menerapkan sistem tiket elektronik (E-Ticketing) untuk memungut retribusi dari sektor pariwisata.

Kepada balipuspanews.com, Kamis (27/1/2022), Wakil Ketua DPRD Bangli I Nyoman Budiada menyampaikan, apabila sistem tiket elektronik (E-Ticketing) ini memang betul-betul diberlakukan tentu nantinya dapat menekan angka kebocoran retribusi. Untuk itu, pihaknya sangat mendukung terkait rencana tersebut.

“Untuk meningkatkan pendapatan retribusi tentu kami mendukung penerapan E-Ticketing ini. Karena dengan sistem ini tentu dapat menekan angka kebocoran retribusi,” sebut Budiada.

Menurut Politisi Golkar ini, sejatinya rencana pemberlakuan sistem tiket elektronik sempat mencuat di kepemimpinan bupati sebelumnya. Namun, karena terbentur beberapa hal akhirnya tidak dapat terealisasi.

Budiada berharap, tahun ini penerapan E-Ticketing dapat terealisasi. Untuk itu, pihaknya meminta Pemkab untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan kajian.

“Mudah-mudahan tahun ini sistem tiket elektronik ini dapat terealisasi, khususnya untuk meningkatkan retribusi dari sektor pariwisata. Sehingga PAD dapat bertambah,” jelas Budiada.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli I Wayan Sugiarta mengatakan, rencananya untuk penerapan E-Ticketing akan dipasang di delapan titik di Kintamani. Pihaknya kini masih melakukan berbagai persiapan seperti pengadaan perangkat untuk di tempatkan pada pos-pos pemungutan tiket.

Selain melakukan persiapan pengadaan alat, Disparbud juga tengah melakukan perekrutan petugas pungut. Adapun jumlah yang akan direkrut mencapai 60 orang. Sementara itu, rencananya pemberlakuan E-Ticketing di DTW Kintamani akan dilaunching 26 Februari mendatang.

Penulis : Komang Riski

Editor : Oka Suryawan

 

 

 

 

 

 

 

 

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version