Senin, Juni 17, 2024
BerandaJembranaTekan Rabies di Jembrana, Pemkab Gencarkan Sterilisasi dan Vaksinasi HPR

Tekan Rabies di Jembrana, Pemkab Gencarkan Sterilisasi dan Vaksinasi HPR

JEMBRANA, balipuspanews.com– Rabies hingga kini masih menjadi momok menakutkan di Jembrana. Upaya pencegahan juga terus dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana.

Seperti yang dilakukan, Kamis (28/3/2023) di Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Bidang Keswan dan Kesmavet dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Jembrana bekerjasana dengan yayasana Sevabuana Denpasar melakukan sterilisasi hewan penular rabies (HPR) dan vaksinasi rabies.

Dalam pelaksanaanya, warga yang memeiliki HPR baik kucing, anjing dan lainya yang ingin disterilisasi dan divaksin diminta membawa ke balai banjar. Sampai kegiatan berakhir ada puluhan ekor HPR yang divaksin dan 34 HPR yang disteriliisasi.

Rincianya anjing jantan dan betina masing-masing 9 ekor, kucing jangan 8 ekor dan kucing betina 9 ekor.

“Strerilisasi ini adalah untuk mengendalikan populasi HPR,”ujar Kabid Kesswan dan Kesmavet, I Wayan Widarsa.

Vaksinasi dan sterilisasi ini akan dilakukan berlanjut. Rencananya Jumat (29/3/2024) akan dilakukan di Desa Batuagung, Kecamatan/Kabupaten Jembrana.

Terkait kasus rabies di Jembrana, sampai saat ini terjadi 8 kasus gigitan positif rabies. Kasus itu terjadi pada Januari 3 kasus, Februari kosong dan maret sampai Kamis ini terjadi 5 kasus.

BACA :  Gelar Panen Hadiah Simpedes Periode II Tahun 2023, Bentuk Apresiasi BRI KC Jakarta Otista kepada Nasabahnya

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular