Telan Biaya Sampai 3 Miliar Lebih, Gedung Polsek Busungbiu dan Pos Lovina Diresmikan

Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si saat menandatangani prasasti peresmian gedung baru Polsek Busungbiu
Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si saat menandatangani prasasti peresmian gedung baru Polsek Busungbiu

BULELENG, balipuspanews.com – Setelah digarap selama kurang lebih 180 hari sejak 14 Mei hingga 9 November 2022. Akhirnya Gedung Mapolsek Busungbiu yang habiskan dana sekitar Rp 3 Miliar lebih diresmikan bersamaan dengan peresmian Pos Polisi Lovina yang dilakukan langsung Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si, Kamis (24/11/2022).

Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H., mengatakan pembangunan Gedung Polsek Busungbiu dilakukan mengingat kondisi dan lokasi bangunan yang sebelumnya memiliki luas tanah yang cukup sempit. Sehingga hal itu dipandang kurang representatif atau tidak layak sebagai tempat pelayanan publik.

Maka dari itu diperlukan bangunan Polsek yang memadai dan sampai pada diberikan tanah hibah dari Koperasi Unit Desa Nusa Partha. Kini untuk luas tanah dilokasi pembangunan gedung baru totalnya ada sekitar 10,4 are dengan luas bangunan 311 M².

Baca Juga :  Sakit Tak Kunjung Sembuh, Pria asal Darmasaba Nekat Gantung Diri

AKBP Dhanuardana juga menyebutkan jika dalam proses pembangunan gedung baru Polsek Busungbiu dananya bersumber dari Dipa Polres Buleleng T.A. 2022, sebesar Rp3.451.321.000.-.

Selain merevitalisasi gedung Polsek Busungbiu ada juga Pos Polisi Lovina yang dibangun diatas tanah pinjam pakai dari Desa Adat Banyualit seluas 250 M² dengan dilengkapi ruang informasi, pengaduan, piket jaga dan TMC, Smoking Area, toilet serta ruang istirahat dan garasi kendaraan dinas.

Untuk Pos Lovina sendiri pembangunannya dilaksanakan selama 45 hari mulai tanggal 11 September sampai 27 Oktober 2022 dan sumber dananya berasal dari hibah pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng sebesar Rp 285.000.000.-.

“Untuk pembangunan Polsek Busungbiu dan Pos Lovina ini merupakan upaya Revitalisasi untuk mendukung pelayanan publik dan tugas kepolisian yang semakin komplek,” jelas AKBP Dhanuardana.

Baca Juga :  Ayo Kenali Apa Saja Keunggulan dari Aplikasi Yummy App

Disisi lain, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., yang secara langsung meresmikan kedua gedung baru tersebut berharap agar bangunan yang telah ada bisa dipelihara serta dimanfaatkan oleh seluruh personel sebaik-baiknya.

Sehingga nantinya dapat mendukung upaya penguatan Polsek dan Polres sebagai lini paling depan dalam pelayanan Polri serta meningkatkan stabilitas Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Buleleng.

“Pertama saya sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan pembangunan kedua gedung ini, nantinya saya harap ini bisa menunjang pelayanan publik agar lebih maksimal apalagi Polsek dan Polres merupakan lini terdepan dalam pelayanan Polri,” ujarnya sembari meresmikan Gedung Polsek Busungbiu.

Baca Juga :  Futsal Championship Diharapkan Junjung Sportifitas

Sekedar diketahui usai Kapolda meresmikan Gedung Polsek Busungbiu acara dilanjutkan dengan melakukan bakti sosial pemberian bantuan sembako kepada 20 orang warga masyarakat Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng.

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan