Tenaga surya
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Opini, balipuspanews.com – Kintamani menuju perubahan. Listrik tenaga  surya dipasang di sana untuk menerangi rumah-rumah penduduk.

Masyarakat Kubu juga mendapatkan kesempatan yang sama dari pemerintah. Panel solar cell juga dibangun di Kubu. PT LEN Industries yang mempelopori  pembangunan pusat listrik tenaga surya ini.

China menguasai teknologi  solar cell. Pemerintah negeri tirai bambu ini memasarkan solar cell  yang mempunyai efisiensi 15% untuk kebutuhan komersial. PT LEN Industri berbisnis solar cell impor dari China. PT PLN Persero menjadi rekanannya yang menyalurkan listrik ke pelanggan.

 

Kintamani adalah asal Jero Wacik menteri ESDM era SBY. Instalasi listrik tenaga surya berdiri di Kintamani. Sedangkan daerah Kubu yang terletak di Karangasem memohon kepada  pemerintah  agar di Kubu berdiri  panel solar cell juga. Di  Kubu pusat listrik tenaga surya luasnya kurang lebih 1,5 hektar  dan diharapkan mampu memasok kebutuhan listrik untuk satu kecamatan.

Peralatan solar cell diangkut dari China dengan kapal laut.

Sesampainya di Pelabuhan Benoa, Bali   muatan dibongkar untuk selanjutnya dibawa dengan truk menuju Kintamani dan Kubu untuk dirakit di tempat.

Lulusan elektro ITB yang menjadi pegawai PT LEN Industries menjadi pimpinan proyek pengadaan solar cell di Kintamani dan Kubu ini.

I Wayan Budiartawan

Penulis buku Dan Matahari Pun Bersinar Lagi (www.rasibook.com)

 

Advertisement

Tinggalkan Komentar...