Terapkan PeduliLindungi, Penerbitan SE Dilakukan Pemkab Buleleng

Sosialisasi terkait penerapan Aplikasi PeduliLindungi bertempat di ruang lab komputer Kominfosanti Buleleng
Sosialisasi terkait penerapan Aplikasi PeduliLindungi bertempat di ruang lab komputer Kominfosanti Buleleng

BULELENG, balipuspanews.com – Demi meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Buleleng. Kini melalui penerapkan pemakaian aplikasi PeduliLindungi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng terbitkan Surat Edaran (SE) yang memuat aturan mengenai penerapan aplikasi PeduliLindungi oleh jajaran ASN di lingkup Pemkab Buleleng.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng Ketut Suwarmawan menyebutkan jika SE tersebut memuat sejumlah aturan di antaranya adalah kewajiban bagi ASN untuk memasang aplikasi PeduliLindungi pada gawai masing-masing. Sehingga nanti saat bisa melakukan check in dan check out rutin di kantor, dan menempatkan petugas jaga pada check point QR Code.

“Surat tersebut telah ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa pada tanggal 17 September 2021 dan mulai berlaku hari itu juga,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, pada Jumat (17/9/2021).

Sementara itu menindak lanjuti edaran yang di terbitkan Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng langsung menggelar sosialisasi sebagai percepatan pengimplementasian Aplikasi tersebut. Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng bahkan mengundang beberapa Perangkat Daerah untuk mengikuti sosialisasi dan pelatihan tata cara pengajuan QR Code PeduliLindungi.

“Kami berharap melalui pelatihan ini semua bisa segera menerapkan apa yang tercantum dalam SE Bupati Buleleng,” imbuhnya.

Tak hanya itu, pertemuan yang dilaksanakan di ruang lab komputer Kominfosanti Buleleng, Jumat (17/9/2021), Kadis Suwarmawan juga menyampaikan kepada peserta yang hadir untuk membantu mensukseskan implementasi Aplikasi PeduliLindungi di Kabupaten Buleleng.

Termasuk kepada operator perangkat daerah agar membantu mendata unit dan binaan di bawah Perangkat Daerahnya untuk selanjutnya dari Kominfosanti akan mengajukan ke pusat agar mendapatkan QR Code PeduliLindungi.

“Setelah semua memahami penggunaan aplikasi ini lewat pelatihan, nantinya kami akan mengajukan ke pusat agar mendapatkan QR Code PeduliLindungi,” tutupnya.

Sekedar di ketahui, perangkat daerah yang hadir dalam pertemuan ini diantaranya, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaraga (Disdikpora), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Dinas Pariwisata (Dispar), dan Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagperinkopukm) Kabupaten Buleleng.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan