Terapkan Prokes yang Ketat, RS Puri Raharja Kumpulkan 60 Kantong Darah dari Pendonor

Aksi donor darah yang digelar RS Puri Raharja serangkaian hut ke-29
Aksi donor darah yang digelar RS Puri Raharja serangkaian hut ke-29

DENPASAR, balipuspanews.com – Peringatan HUT RS Puri Raharja ke–29 diperingati dengan aksi sosial donor darah. Karena berlangsung saat pandemic Covid- 19, pihak RS yang berlokasi di depan Polda Bali itu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) yang cukup ketat.

Misi sosial yang berlangsung, Sabtu (24/10/2020), berlokasi dilantai empat dan diikuti oleh pegawai RS Puri Raharja dan masyarakat umum.

Direktur RS. Puri Raharja dr. Gede Bagus Darmayasa mengatakan, donor darah yang diselenggarakan merupakan bentuk peringatan hari jadi RS. Puri Raharja yang rutin dilaksanakan, namun karena situasi pandemic, jumlahnya dibatasi sampai 75 kantong saja.

“Sungguh diluar dugaan, estimasi kami sampai 35 kantong, ternyata setelah berakhir mencapai 60 kantong bisa terwujud. Padahal kami merancang baru seminggu,” jelas mantan Direktur RSBM disela-sela kegiatan.

dr. Bagus menyampaikan terima kasih kepada masyarakat maupun staf dan PMI yang menyukseskan agenda HUT RS Puri Raharja yang telah berjalan lancar dan sesuai harapan.

Pihaknya memandang, setetes darah mampu penyelamatkan nyawa manusia. Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat dengan mendonorkan darah sudah mampu membantu sesama yang membutuhkan darah, membantu tidak harus berupa materi.

Disamping itu, masih kata dr. Bagus, dengan mendonorkan darah, ini juga bermanfaat baik bagi kesehatan.

Dengan melakukan donor darah, otomatis sirkulasi darah akan mejadi lebih baik, jantung akan terlatih untuk terus memompa darah sehingga dapat meningkatkan zat besi dalam darah dan menjadikan tubuh lebih sehat serta mengurangi menderita penyakit jantung.

“Kedepan akan terus kami gelar setiap HUT, kalau Covid sudah berakhir, nanti kita programkan dengan jumlah yang lebih banyak,” pungkasnya.

PENULIS : Tim Liputan Covid

EDITOR : Oka Suryawan