Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBadungTerapkan Sistem Online, Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah Ditetapkan Jadi Perda

Terapkan Sistem Online, Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah Ditetapkan Jadi Perda

BADUNG, balipuspanews.com – Pemerintah Kabupaten Badung secara resmi menetapkan satu Rancangan Peraturan Daerah tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah menjadi Perda. Kepastian itu terungkap saat Penutupan Pertama Sidang Paripurna Masa Persidangan Ketiga DPRD Kabupaten Badung yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Gosana Lantai III, Sekretariat DPRD Kabupaten Badung, Senin (16/10/2023).

Ketua DPRD Badung, Putu Parwata mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan Rapat Paripurna, yang menetapkan satu Peraturan Daerah bersama-sama dengan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta sesuai dengan Undang-Undang mengenai Pajak dan Retribusi Daerah, sehingga dipercepat penetapan Pajak dan Retribusi Daerah.

“Kenapa kita melakukan percepatan, karena kita tidak mau lose dalam pendapatan. Karena kita tidak mau membuang waktu untuk mengoptimalisasi pendapatan,” ujarnya.

Ada beberapa hal yang menjadi stressing atas usulan Peraturan Daerah yang disampaikan oleh Pemerintah dalam hal ini Bupati Badung kepada DPRD Badung.

“Kami tegaskan, bahwa PPhTB yang telah ditetapkan itu tetap dijalankan secara maksimal, artinya penetapan PPhTB 5 persen,” tegasnya.

Selain itu, untuk Pungutan Pajak dan Retribusi Daerah supaya berdasarkan teknologi digital dan online sistem yang semuanya itu dilakukan transparansi serta dicatatkan dalam Data Pemerintah.

BACA :  RUU Kementerian Negara Disepakati Jadi Usul Inisiatif DPR RI

“Artinya sistem online, sistem itu sudah terkoneksi dengan data data yang ada di Pemerintah, sehingga transparansi dan optimalisasi kerja dari pada OPD atau Organisasi Perangkat Daerah, khususnya Bapenda itu bisa maksimal,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta mengatakan, setelah adanya putusan bersama eksekutif dan legislatif, selanjutnya meminta evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, yang selanjutnya baru di Gubernur Bali.

“Semoga bisa berjalan baik sesuai harapan kita bersama, karena ini adalah salah satu momentum yang bagus yang tujuannya adalah bagaimana membuat masyarakat Kabupaten Badung ini maju, damai, dan sejahtera,” pungkasnya.

Penulis: Kadek Adnyana

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular