Gunung Agung
Gunung Agung

RENDANG, balipuspanews.com – Kondisi Gunung Agung sampai saat ini masih baik baik saja kendatipun sempat tercatat gempa bumi .

” Ya sempat ada pergeseran lempengan di laut hingga sebabkan gempa berjumlah 2, Amplitudo 1-5 mm, S-P : 8.2-8.7 detik, Durasi : 51-69 detik),” kata Dewa Merta Yasa kepala Pos Pantau Gunung Agung Rendang ketika dikonfirmasi pada hari Senin (6/4/2020).

Selain itu juga tercatat tektonik jauh dengan jumlah 1, amplitudo :l 5 mm, S-P :tidak terbaca, durasi : 156 detik.

Gempa itu, jelas Dewa Merta tak mempengaruhi kondisi gunung.

“Gunung masih baik baik saja dan masih landai,” ujarnya.

Saat ini gunung agung masih di level III rekomendasinya masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.
.
Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.(art/BPN/tim)