Selasa, Februari 27, 2024
BerandaBadungTerima Audiensi Widya Sabha, Ketua Dewan Dorong Kegiatan Seni Menjadi Agenda Rutin

Terima Audiensi Widya Sabha, Ketua Dewan Dorong Kegiatan Seni Menjadi Agenda Rutin

BADUNG, balipuspanews.com – Pelaku seni yang tergabung dalam Widya Sabha Badung melakukan audiensi dengan Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Senin (20/11/2023). Ikut mendampingi rombongan yang dipimpin oleh Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung, I Wayan Selat Wirata itu Kabid Disbud, Nyoman Indrawati.

Seusai kegiatan, Putu Parwata memberikan dukungan serta apresiasi atas semangat Widya shaba Badung yang mengabdikan secara totalitas untuk seni dan budaya. Apalagi Widya Sabha Badung ini merupakan pelaku-pelaku seni, yang melakukan pengembangan seni, budaya, dan tradisi bersama dengan seniman-seniman di Badung.

“Mereka kembangkan bersama seniman-seniman yang ada di Badung, sehingga hal-hal yang sifatnya seni yang langka bisa digerakkan lagi oleh Widya Sabha,” ujarnya

Lebih lanjut, parwata menyampaikan beberapa hal yang disampaikan oleh Widya Sabha meliputi kegiatan-kegiatan yang memang menjadi kegiatan rutin, yang pihaknya harus dorong bersama dengan pemerintah.

“Pagelaran-pagelaran yang mereka munculkan, tradisi seni yang masa lampau jadi kayak prembon dan sebagainya, seni-seni yang lama mereka kembangkan bersama seniman Nusantara,” ucapnya

BACA :  Sampaikan Ucapan Selamat Galungan, Kuningan dan Nyepi, Bupati Gede Dana dan Wabub Artha Dipa Mengajak Masyarakat Memegang Teguh Tradisi dan Kearifan Lokal

Dirinya berharap agar Widya Sabha  menggelar kegiatan yang sifatnya rutin, yang menjadi kalender rutin kegiatan seni budaya di Badung seperti misalnya satu tahun ada empat kali atau tiga kali kegiatan seni budaya yang dibuatkan kalender tetap. Sehingga orang atau seniman dari luar kalau berkunjung untuk melihatnya sudah ada event tetap.

“Misalnya di bulan Maret, Juni, Agustus kemudian November atau Desember sehingga menjadi 4 kali setahun. Jadi mereka yang dari luar bisa ikut menikmati seni budaya,” tuturnya.

Kemudian untuk mendukung kegiatan seni dan budaya, pihaknya juga akan mempersiapkan fasilitas lainnya, seperti wantilan DPRD akan direnovasi menjadi panggung terbuka, sebagai wadah para seniman untuk berkarya dan tampil di Puspem Badung.

“Kami akan minta Sekretariat Dewan untuk melakukan renovasi perbaikan persiapan panggung untuk pentas budaya. Dengan demikian tidak ada istilah lagi tidak ada uang pembinaan, dana untuk pengembangan seni, karena semua sudah direncanakan dengan baik,” ujarnya.

Mengenai renovasi wantilan DPRD, pihaknya akan melakukan renovasi di anggaran perubahan 2024.

BACA :  Hujan Deras, Air Turun Dari Bukit Pura Pulaki Layaknya Air Terjun Alami

“Wantilan itu nantinya lengkap, ada sound system, lighting, ada kursi beserta fasilitas lainnya. Kita akan dukung untuk pengembangan seni dan budaya,” tutupnya.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular