Terinspirasi Inovasi TOSS, Bupati Sanggau Kunjungi Klungkung

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat menerima kunjungan Bupati Sanggau Paolus Hadi di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Kamis (30/6/2022)
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat menerima kunjungan Bupati Sanggau Paolus Hadi di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Kamis (30/6/2022)

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Asisten Administrasi Umum Dewa Gde Darmawan menerima kunjungan Bupati Sanggau Paolus Hadi dan Ny. Arita Apolina beserta rombongan di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Kamis (30/6/2022).

Kunjungan kerja ini dilaksanakan untuk mempelajari tentang Inovasi TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) yang dimiliki Kabupaten Klungkung.

Dalam sambutannya Bupati Suwirta menjelaskan mengenai proses awal inovasi TOSS yang kini sudah berkembang dengan baik sehingga lolos menjadi finalis Top Inovasi Pelayanan Publik, Bupati Suwirta juga menjelaskan mengenai potensi pertanian serta pariwisata di Nusa Penida.

“Selamat datang kami ucapkan pak, mengenai inovasi yang kami buat di sini kami buat dengan sederhana namun efektif efisien, untuk sampah kami kelola langsung dari sumbernya dan untuk sekarang kami lebih fokus untuk membuat pupuk, kami juga memiliki koperasi untuk mengelola hasil di sana karena sehebat apapun peran teknologi tetap peran manusianya yang terpenting pak,” ucap Bupati Suwirta

Baca Juga :  Gubernur Koster Perjuangkan Nasib Tenaga Kontrak di Pemprov Bali

Bupati Sanggau, Paolus Hadi dalam kunjungannya menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Pemkab Klungkung.

“Saya beberapa kali berkesempatan bertemu bapak Bupati Suwirta di acara-acara kepala daerah, darisana saya mengetahui dan terinspirasi dengan kesuksesan pengelolaan sampah ini, sehingga saya bersama tim kemari untuk melihat bagaimana proses dan peran masyarakatnya dalam program inovasi ini,” ucapnya.

Setelah menyaksikan beberapa video mengenai inovasi TOSS, Bupati Paoulus beserta rombongan didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Ketut Suadnyana mengunjungi TOSS Center yang berada di Jl. Kusuma Bahari, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

Penulis: Roni
Editor: Budiarta