Terkait Lonjakan Pasien Terkonfirmasi Pada Hari Minggu Begini Kata GTPP Buleleng

Sekretaris GTPP Covid-19 Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, Senin (30/11/2020) 
Sekretaris GTPP Covid-19 Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, Senin (30/11/2020) 

BULELENG, balipuspanews.com – Lonjakan pasien terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 pada hari minggu sebelumnya jumlahnya mencapai 22 pasien terkonfirmasi dimana sembilan diantaranya melakukan Swab mandiri, empat orang pasien memang sudah dilakukan swab di rumah sakit, tiga orang dari keluarga yang memang sudah punya riwayat kasus, dua orang berasal dari keluarga yang sekalian terpapar, dan sisanya merupakan hasil tracing yang telah dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 di Kabupaten Buleleng.

“Dari 22 yang terkonfirmasi dua hari lalu hasil Labnya itu sembilan diantaranya melakukan Swab mandiri ya, kalau yang lain itu adalah hasil tracing kita,” ujar Gede Suyasa, Sekretaris GTPP Covid-19 Kabupaten Buleleng, Senin (30/11/2020).

Akan tetapi, sembilan pasien yang melakukan Swab mandiri merupakan pasien terpapar dari salah satu finance. Yang dimana sebelumnya dikantor tempat pasien bekerja mendapat kunjungan dari kantor cabang atau pusat yang ada di Denpasar. sehingga setelah melaksanakan swab hasilnya cukup mengejutkan.

“Sehingga yang lain di Swab dan semuanya positif hanya satu yang tidak, nah ini yang menambah jumlahnya menjadi sangat tinggi,” tegasnya.

Saat disinggung terkait dilaksanakan lockdown di finance tersebut diakui Suyasa bahwa hal itu sudah dilakukan sejak kemarinnya, dimana pihaknya telah menghubungi kantor agar menutup terlebih dahulu pelayanan kepada customer.

“Iya sementara tutup dulu kami sudah perintahkan satpoll untuk jaga-jaga,” tutupnya.

Sementara itu perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng jumlah pasien sembuh hari ini sebanyak 1 orang dari Kecamatan Tejakula. Selain pasien sembuh, penanganan Covid-19 hari ini, kasus terkonfirmasi baru tidak ada penambahan atau nihil.

Terkait data lainnya, secara kumulatif jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 1.148 orang dengan rincian, sembuh sebanyak 1.050 orang, kasus meninggal sebanyak 58 orang, sedang dirawat di Buleleng sebanyak 24 orang, dan dirawat di luar Buleleng sebanyak 16 orang.

Data lain, kasus suspek kumulatif sebanyak 1.437 orang, dengan rincian suspek konfirmasi sebanyak 574 orang, discarded sebanyak 783 orang, suspek masih dipantau sebanyak 24 orang, probable sebanyak 56 orang.

Tak hanya itu, perkembangan kasus kontak erat di Buleleng mengalami peningkatan menjadi 7.395 orang, dengan rincian kontak erat konfirmasi 348 orang, discarded 6.648 orang, karantina mandiri sebanyak 124 orang, dan kontak erat menjadi suspek sebanyak 275 orang. Lebih lanjut, dijelaskan kasus konfirmasi non suspek/kontak erat tetap sebanyak 226 orang.

Penulis : Tim Liputan Covid

Editor : Oka Suryawan