Senin, Februari 26, 2024
BerandaBulelengTerkait Penemuan Kerangka Manusia di Desa Pengelatan, Kadissos : Telah di Kuburkan

Terkait Penemuan Kerangka Manusia di Desa Pengelatan, Kadissos : Telah di Kuburkan

BULELENG, balipuspanews.com – Beberapa potongan tulang kerangka manusia yang masih belum jelas identitasnya dan ditemukan beberapa Minggu sebelumnya akhirnya telah dikubur oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buleleng berlokasi di Setra Desa Adat Buleleng, Selasa (1/6/2021) pagi.

Penguburan tersebut dipimpin langsung Kepala Dinas, I Putu Kariaman Putra yang didampingi Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Buleleng Putu Gopi Suparnaca, Kelian Desa Adat Buleleng, Iptu Ida Bagus Permana selaku Kanit Reskrim Polsek Singaraja, Anggota Polsek Kota Singaraja dengan disaksikan oleh tokoh masyarakat, RSUD Buleleng dan staf Dinsos Buleleng.

Kadis Sosial, I Putu Kariaman Putra mengatakan proses penguburan yang dilakukan terhadap kerangka Mr. X itu dilaksanakan dengan proses sesuai kepercayaan umat Hindu serta sudah sesuai dengan awig-awig atau aturan adat Desa Adat Buleleng. Bahkan hal itu merupakan tugas sekaligus fungsi Dinas Sosial dalam penanganan kategori mayat terlantar.

“Terkait dengan adanya penemuan kerangka manusia tanpa identitas dari Pihak Kepolisian, maka kami Dinsos Buleleng dengan moto Dinsos hadir melalui team CGT (Cepat Gesit Tanggap) langsung menindak lanjuti permohonan dari Pihak Kepolisian guna mendukung proses penguburan mayat terlantar bersinergi dengan Desa Adat Buleleng,” jelasnya ditemui usai penguburan kerangka Mr. X di Setra Desa Adat Buleleng.

BACA :  Pj Bupati Jendrika Monev Ketersediaan Harga Pangan Jelang Hari Raya Galungan, Kuningan, dan Nyepi

Tak hanya itu, Kariaman juga berharap kedepan jika mayat-mayat yang telah dikuburkan di Setra Desa Pakraman Buleleng tersebut sudah dipastikan tidak beresiko serta berdampak hukum lagi. Sehingga jika nanti ada istilahnya mayat Mr X lagi sebaiknya tidak berkaitan dengan kriminal maupun berkaitan dengan hukum.

“Kami berharap setelah dilakukan proses upacara penguburan terhadap kerangka Mr. X ini semoga arwahnya tenang dan diterima disisi Tuhan,” tutupnya.

Untuk diketahui berita sebelumnya penemuan beberapa tulang-belulang pada hari Minggu (26/5/2021) sekitar pukul 11.00 WITA di sebuah gorong-gorong tepatnya depan Setra Dalem Purwa Desa Adat Pengelatan yang diduga tulang bayi gegerkan warga Desa Pengelatan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Kronologis penemuan tersebut bermula saat tiga orang warga yang bernama Ketut Sudama, Komang Sumarjaya, dan Ketut Sukanadra asal Banjar Dinas Kelodan, Desa Pengelatan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng yang berkerja atau bertugas membersihkan gorong-gorong yang ada di TKP.

Tiba-tiba melihat bukusan kain yang ternyata setelah dibuka berisi tulang belulang yang diduga tulang bayi, dua kertas semen, satu buah bantal kecil, dua lembar kain putih, dan uang mainan anak-anak.

BACA :  KemenkoPMK Gelar Rakor Persiapan Haji 2024

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular