Terkena Rebahan Pohon, Warga Bukit Jumeneng, Karangasem Tewas

Korban Ketut Darma yang tewas tertimpa rebahan pohon
Korban Ketut Darma yang tewas tertimpa rebahan pohon

KARANGASEM, balipuspanews.com – Akhir hidup yang cukup teragis dialami I Ketut Darma, warga Banjar Bukit Jumeneng, Karangasem, Bali. Pria berusia 40 tahun itu tewas tertimpa pohon di tegalannya, Selasa (19/01/2021).

Lantas bagaimana kronologisnya? Informasi yang diperoleh di lapangan menyebutkan, peristiwa yang berlangsung sekitar pukul 10.00 WITA itu berawal ketika korban Ketut Darma pergi ke tegalannya untuk menunjukkan pohon durian yang ia jual kepada Made Sumerta yang datang bersama dua orang pekerjanya untuk menebang pohon tersebut.

Tiba dikebunnya, korban menunjukkan pohon yang ia jual. Salah seorang pekerja yang diajak oleh Sumerta selaku pembeli langsung memasang tali dibagian batang pohon yang nantinya digunakan untuk menarik pohon agar tumbang sesuai dengan arah yang diinginkan.

Setelah selesai mengikatkan tali tersebut, satu orang pekerja lainnya langsung menghidupkan sensor yang sudah dipersiapkan dan langsung memulai penebangan pohon.

Mulanya, proses penebangan pohon berjalan dengan lancar. Tiga orang lainnya termasuk pembeli, satu orang pekerja, dan pemilik yaitu korban sendiri bersiap memegang tali yang telah diikat sebelumnya untuk ditarik.

Proses penebangan hampir selesai, korban bersama pembeli dan satu orang pekerjanya bersiap untuk menarik tali yang diikatkan, namun petaka terjadi saat pohon beranjak tumbang dan tali pun mulai ditarik.

Di luar rencana, sebelum menyentuh tanah pohon durian terlebih dahulu menimpa Pohon Jati Belanda yang tepat berada di dekat tempat korban menarik pohon. Naasnya bagian pohon Jati yang tertimpa mendarat tepat pada bagian kepala Ketut Darma hingga membuatnya terkapar ditempat dan bersimbah darah.

Mendapatkan informasi tersebut Kanit Reskrim Polsek Karangasem, AKP. I Wayan Gede Wirya datang langsung ke lokasi kejadian.

“Ya, tadi kami langsung ke lokasi kejadian,” ujarnya dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, korban dinyatakan meninggal dunia ditempat kejadian setelah diperiksa oleh tim medis dari Puskesmas Karangasem II yang juga datang ke lokasi. Korban dinyatakan meninggal dengan sejumlah luka parah seperti pada bagian kepala dan bahunya.

PENULIS : Gede Suartawan

EDITOR : Oka Suryawan