Terkendala Cuaca, Proses Pembersihan Material Longsoran di Dusun Temukus Dilakukan Secara Manual

Petugas BPBD dan pihak terkait membersihkan material longsoran secara manual karena faktor cuaca
Petugas BPBD dan pihak terkait membersihkan material longsoran secara manual karena faktor cuaca

KARANGASEM, balipuspanews.com – Proses pembersihan longsoran yang menutup akses jalan menuju pemukiman warga di kawasan Desa Adat Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem belum bisa dilakukan secara maksimal.

Pasalnya, proses pembersihan material longsoran sejauh ini masih dilakukan secara manual oleh warga dibantu BPBD dan pihak terkait lainnya lantaran alat berat milik PU yang didatangkan belum bisa bekerja karena terkendala cuaca, sehingga demi keamanan mengingat kondisi tanah labil pembersihan akan dilanjutkan esok hari.

“Kita sudah kordinasi dengan camat, Bendesa dan warga serta Bendesa sementara melakukan pembersihan secara manual mengingat cuaca tidak mendukung dan rawan terjadi longsor susulan, sehingga demi keselamatan akan dilanjutkan besok, selain alat berat dari PU rencananya BPBD juga akan mendatangkan alat berat yang lebih kecil,” ujar PLT Kalaksa BPBD Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah saat dikonfirmasi, Jumat (12/11/2021).

Baca Juga :  Update Gempa Cianjur: 3 Jenazah Ditemukan, Korban Meninggal Dunia Bertambah Jadi 321 Orang

Sementara itu, Kawil Dusun Temukus, I Wayan Sudiana saat dihubungi mengungkapkan bahwa, wilayah Dusun Temukus setidaknya ada 11 titik longsoran. Adapun wilyah yang terisolir yakni warga yang bermukim di Dusun Temukus bagian timur.

“Sejauh ini masih ada 31 kepala keluarga (KK) yang masih terisolir yang akses jalannya belum bisa dilewati kendaraan roda empat,” kata Sudiana.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan