Minggu, Mei 19, 2024
BerandaKlungkungTerombang-ambing Dilautan, Dua Nelayan Berhasil Diselamatkan

Terombang-ambing Dilautan, Dua Nelayan Berhasil Diselamatkan

NUSA PENIDA, balipuspanews.com – Sempat dikhawatirkan terombang-ambing di lautan, 2 orang nelayan akhirnya berhasil diselamatkan Tim Basarnas Bali, pada Kamis (15/7/2021). Kedua nelayan itu yakni Dewa Made M,35, dan Dewa Made K,38.

Menurut Anak Agung Alit Supartana, Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), awalnya dua nelayan itu melaut sekitar pukul 04.00 Wita.

Keduanya melaut menggunakan sebuah jukung dari Pantai Batu Nunggul ke arah barat Perairan Angel Billabong.

Informasi yang diterima dari nelayan setempat, saat itu arus laut besar dan kedua nelayan itu balik kanan dan tiba di Pantai Batu Nunggul pukul 09.00 Wita.

“Siang itu kami terima permintaan bantuan bahwa 2 nelayan belum kembali dari melaut sekitar pukul 13.00 wita, selanjutnya Basarnas Bali mengerahkan 6 personil dari unit siaga SAR Nusa Penida,” ungkap Alit Supartana.

Selanjutnya, Tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB)  ke arah barat. Sekitar pukul 13.50 Wita kedua nelayan ditemukan dalam keadaan selamat dan sedang menuju pantai.

BACA :  Dukung Pelayanan Prima, Giri Prasta Serahkan Hibah Mobil kepada Pengadilan Tinggi Denpasar

“Ketika diketemukan kondisi jukungnya mengalami kerusakan di bagian katir sebelah kiri karena diterjang gelombang, namun masih bisa berlayar,” tuturnya.

Dijelaskannya, posisi pertemuan berada 1,7 NM di timur lokasi kejadian, yakni sekitar 500 meter dari bibir pantai. Kemudian, tim SAR beriringan dengan jukung tersebut hingga tiba di Pantai Batu Nunggul.

Sementara unsur SAR yang terlibat diantaranya Unit Siaga SAR Nusa Penida, BPBD Klungkung, Polsek Nusa Penida, pihak keluarga dan masyarakat setempat.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular