KMP Nusa Dua hanyut
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Jembrana, balipuspanews.com – KMP Nusa Dua mengalami masalah terseret arus  ketika berangkat dari pelabuhan Ketapang, Banyuwangi pada hari Jumat (12/10)sekitar pukul 05.30 wita.

“Kapal itu hanyut diperkirakan karena terseret arus deras saat air surut. Namun sudah berhasil sandar dengan selamat,” ujar Kepala Kantot Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP) kelas III atau Syahbandar Gilimanuk, Nyoman Suryantha.

Ia mengatakan setelah sandar, KMP Nusa dua lalu bongkar muatan, kemudian dilakukan dengan pemeriksaan teknis, kondisi kapal dan mesinya oleh petugas Suahbandar. “Dari pemeriksaan teknis termasuk mesin tidak ada masalah atau aman dan KMP Nusa Dua bisa berangkat ke pelabuhan Ketapang,” pungkasnya.

Sebelumnya selama pelayaran menuju pelabuhan Gilimanuk, KMP yang dinahkodai oleh M Ariiin itu tidak mengalami masalah.

Tetapi saat menunggu giliran untuk sandar di pelabuhan Gilimanuk, dimana konndisi air laut surut,d erasnya arus laut kearah selatan tidak mampu dilawan oleh kekuatan mesin kapal. Sehingga KMP Nusa Dua hanyut mengikuti arah arus. Baru setelah hanyut sekitar tiga kilometer dari pelabuhan Gilimanuk, KMP Nusa Dua berhasil bertahan agar tidak semkain jauh terseret arus.

Untuk menunggu air pasang dan arus melemah, KMP yang memuat 7 unit truk sedang, 4 mobil kecil atau mobil pribadi dan 11 sepeda motor serta 28 orang penumpang itu mengapung diperairan sebelah barat Gelung Kori lingkungan Pengiuman, Gilimanuk. Cukup lama KMP itu mengapung.

Setelah sekitar dua jam mengapung karena hanyut, KMP Nusa Dua mulai bisa bergerak menuju pelabuhan Gilimanuk lantara arus sudah mulai melmah. Akhirnya KMP Nusa Dua bisa sampai dan sandar di pelabuhan Gilimanuk sekitar pukul 09.10. (nm/bpn/tim)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...