Terseret Arus, KMP Trisakti Adinda Kandas di Lampu Merah

Kapal motor penumpang (KMP) Trisakti Adinda hanyut terseret arus lalu kandas di lampu merah dekat Pelabuhan Gilimanuk, Jumat (27/5/2022).
Kapal motor penumpang (KMP) Trisakti Adinda hanyut terseret arus lalu kandas di lampu merah dekat Pelabuhan Gilimanuk, Jumat (27/5/2022).

JEMBRANA, balipuspanews.com- Kapal motor penumpang (KMP) Trisakti Adinda, pada Jumat (27/5/2022) pagi harus kehilangan waktu berlayar cukup lama.

Penyebabnya karena kapal yang melayani penyeberangan di Selat Bali itu hanyut terseret arus lalu kandas di lampu merah dekat Pelabuhan Gilimanuk.

Informasi yang dihimpun, awalnya KMP Trisakti Adinda saat berlayar dari Pelabuhan Ketapang tidak mengalami masalah.

Namun setelah mendekati Pelabuhan Gilimanuk saat menunggu giliran sandar di dermaga LCM, kapal tersebut terseret arus lalu kandas di perairan dangkal lampu merah sekitar pukul 05.20 Wita.

Agar kapal todak semakin bergeser ke perairan yang lebih dangkal nahkoda kemudian menurunkan ram door untuk menahan kapal.

Akhirnya kapal yang memutar 2 unit truk tronton, 4 unit truk besar, 13 truk sedang dan 3 unit pick up serta 30 orang penumpang itu tertahan di perairan dangkal sekitar 400 meter dari bibir pantai.

Baca Juga :  Lionel Messi Melampaui Diego Maradona Untuk Rekor Besar Di Piala Dunia FIFA

Sekitar pukul 05.20 Wita nakhoda KMP Tri Sakti Adinda berusaha melakukan olah gerak sendiri agar kapal bisa keluar dari tempatnya kandas, namun belum berhasil karena air laut surut.

Pukul 07.35 Wita Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana bergerak dengan 5 org personil.

Setelah berkoordinasi dengan ASDP Kelas II Pelabuhan Gilimanuk, TNI AL Gilimanuk dan Polsek Kawasan Laut Gilimanuk tim gabungan kemudian melakukan pengamanan dengan mengunakan Rib boat disekitar kapal yang kandas itu.

“Penumpang yang sebagaian besar adalah sopir tidak dievakuasi. Kami hanya melakukan pengawasan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan,” ujar kepala Pos Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana, Dewa Hendri Gunawan.

Setelah tiga jam lebih kandas akhirnya pukul 08.35 Wita KMP Trisakti Adinda berhasil lepas kandas karena air pasang sudah sampai pada pasang tertinggi.

Baca Juga :  Kroasia 'Tidak Akan Tertipu' Oleh Rumor Keretakan Di Timnas Belgia

Pukul 08.45 Wita KMP Trisakti Adinda berhasil sandar di dermaga LCM dan melakukan bongkar muatan. Semua penumpang diarahkan ke ruang VIP Asdp Gilimanuk untuk diperiksa kondisinya dan diberikan kosumsi.

“Semua penumpang dalam kondisi sehat dan mereka bisa melanjutkan perjalanan,” jelasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan