Pelaku belanjakan uang palsu diamankan
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Bangli, balipuspanews.com- Jajaran kepolisian Bangli mengamankan seorang pria yang melakukan transaksi menggunakan uang palsu di pasar Kayuambua, Bangli.

“Terhadap pelaku I Wayan Keplis patut diduga kuat telah melakukan tindak pidana mengedarkan atau membelanjakan rupiah yang diketahuinya merupakan rupiah palsu sebagamana dimaksud pasal 36 Ayat (3) Undang – undang Republik Indonesia No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 50.000.000.000,- (lima puluh milyard rupiah),” kata Kasat Reskrim M Akbar Eka Putra Samosir, S.H,.S.I.K didampingi KBO Iptu Ngakan Gede Ekayuana Putra, S.H dan Kasubbag Humas AKP Sulhadi,S.H, Senin (8/10).

Ia mengatakan kasus ini terungkap pada hari diawali pada Sabtu (6/10) sekitar pukul 05.30 wita, petugas pasar Kayuambua atas nama I Nyoman Saja mendapatkan informasi dari salah satu pedagang bahwa ada seorang laki – laki yang dicurigai sedang berbelanja dengan menggunakan uang palsu pecahan Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).

Dengan ciri – ciri yang dikatakan pedagang, pelaku menggunakan baju jaket warna biru, memakai topi, berambut panjang dan ada tai lalat pada pipinya.

Mendapatkan informasi tersebut kemudian I Nyoman Saja memberitahukan hal tersebut kepada temannya yang bernama I Nengah Suandana dan melaporkan kepada petugas Kepolisian Polsek Susut selanjutnya anggota Polsek Susut bersama petugas pasar atas nama I Nyoman Saja dan I Nengah Suandana melakukan pencarian terhadap orang yang dimaksud di areal pasar kayuambua.

Berselang kurang lebih sekitar 1 (satu) jam kemudian petugas Kepolisian bersama dengan petugas pasar menemukan orang dengan ciri – ciri yang sama sedang berbelanja dupa di salah satu pedagang yang ada di pasar Kayuambua.

Setelah terjadi transaksi jual beli kemudian petugas melakukan pengecekan terhadap uang yang telah dibayarkan oleh orang tersebut dan ternyata uang yang dibelanjakannya merupakan uang palsu pecahan Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) kemudian dilakukan pengecekan terhadap orang tersebut dan didapati pada dompet yang ada di kantong saku celana yang digunakannya pada saat itu terdapat 20 (dua puluh) lembar uang palsu pecahan Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).

Bukan itu saja,  juga diamankan uang asli yang diduga merupakan uang kembalian dari para pedagang setelah pelaku berbelanja dengan menggunakan uang palsu tersebut, selanjutnya pelaku bersama barang bukti diamankan dan dibawa ke kantor Polsek Susut guna diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. (rls/bpn/tim)

Advertisement

Tinggalkan Komentar...