Tetap Produktif Berkat JKN-KIS

Salah peserta JKN-KIS, Ida Ayu Made Sulistyawati,57,.
Salah peserta JKN-KIS, Ida Ayu Made Sulistyawati,57,.

GIANYAR, balipuspanews.com – Menjadi ibu rumah tangga (IRT) tidak melulu hanya mengerjakan pekerjaan rumah saja, tetapi ternyata jika sehat, seorang IRT juga bisa produktif membantu perekonomian keluarga.

Kita dapat berkaca pada seorang IRT asal Gianyar bernama Ida Ayu Made Sulistyawati,57,. Pernah bekerja di dunia pariwisata sebagai penjaga distro pakaian, ibu dua anak harus berhenti karena kewajibannya sebagai di rumah cukup besar, namun ia tetap dapat produktif membantu ekonomi keluarganya.

Ia menuturkan, semasih kondisi tubuhnya sehat maka ia akan selalu berusaha menghasilkan uang untuk keluarganya, saat ini ia berjualan alat-alat upacara di rumahnya, lantas kesehatan yang ia dapatkan saat ini menurutnya tidak terlepas dari peran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS).

Baca Juga :  HUT ke-77 PGRI Dibalut Senam 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali'

Berkat JKN – KIS, Dayu menjadi semangat untuk bekerja karena harus menanggung anak-anak dan mertuanya termasuk untuk urusan kewajiban iuran JKN -KIS.

“Saat sakit saya merasa aman untuk berobat karena sudah punya JKN – KIS, saat sehat pun saya menjadi semangat mencari pekerjaan untuk kewajiban bulanan termasuk membayar iuran,” ungkapnya.

Baru-baru ini ia sempat menderita penyakit batuk berdarah yang cukup parah selama dua bulan. Melalui perawatan dari salah satu rumah sakit swasta di daerah Gianyar ia dinyatakan menderita luka pada paru-parunya sehingga perlu penanganan khusus agar tidak berbahaya pada pernafasannya, selama berobat semua biaya dibantu penuh oleh JKN-KIS.

“Sakit ini membuat saya mengeluarkan banyak darah ketika batuk, tapi sekarang sudah tidak lagi karena saya mengonsumsi obat dari rumah sakit, semuanya dibantu oleh JKN – KIS,” lanjut Dayu.

Baca Juga :  Truk Masuk Lubang Besar, Sopir Selamat

Hal itulah yang menurutnya berpikir betapa pentingnya JKN – KIS ini bagi IRT sepertinya. Menurutnya jika kondisi ekonomi kurang baik seperti saat ini tentu akan membuat kesulitan jika harus mengeluarkan biaya sendiri untuk berobat, jadi harus tetap menjaga kesehatan.

“Intinya adalah bersyukur dan tetap semangat, jadikan iuran JKN-KIS sebagai salah satu motivasi untuk tetap produktif sehingga kita akan merasa sehat meskipun sudah usia dan hanya seorang IRT,” kata Dayu. (adv)

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan