Jumat, Februari 23, 2024
BerandaBulelengTetapkan DCT, 445 Caleg Berlaga Rebut 45 Kursi DPRD Buleleng

Tetapkan DCT, 445 Caleg Berlaga Rebut 45 Kursi DPRD Buleleng

Singaraja, balipuspanews.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng melakukan rapat pleno penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT) pada Kamis (20/9).

Hasilnya, KPU Buleleng menetapkan 445 calon legislatif (caleg) yang akan berlaga memperebutkan 45 kursi di DPRD Buleleng pada Pemilu 2019 mendatang.

Rinciannya, Partai PKB sebanyak 11 caleg, Gerindra 45 caleg, PDIP 45 caleg, Golkar 45 caleg, Nasdem 45 caleg, Garuda 26 caleg, Berkarya 36 caleg, Perindo 45 caleg, PPP sebanyak 12 caleg, PSI sebanyak 35 caleg, PAN sebanyak 7 caleg, Hanura 45 caleg, Demokrat 45 caleg dan PBB sebanyak 3 caleg.

Sebelumnya KPU Buleleng mencatat jumlah Daftar Caleg Sementara (DCS) sebanyak 448 bacaleg. Namun, dalam perjalanan, sebanyak tiga orang bacaleg yang sudah masuk DCS justru mengundurkan diri.

Bacaleg yang mundur diantaranya Nyoman Sukarma yang maju dari Partai Berkarya Dapil I Kecamatan Buleleng. Sedangkan kedua bacaleg lainnya berasal dari Partai Garuda. Diantaranya Dewa Gede Astidana yang maju dari dapil IV Kecamatan Sukasada dan I Putu Kawi yang maju dari Dapil V Kecamatan Busungbiu dan Banjar.

BACA :  Terdakwa Pemerkosaan Anak Tujuh Tahun Divonis Belasan Tahun

Ketua KPU Buleleng, Gede Suardana mengungkapkan, setelah menetapkan DCT, KPU Buleleng akan mengumumkan daftar nama Caleg ini di media massa cetak maupun elektronik.

Pengumuman akan dilakukan selama tiga hari, terhitung sejak tanggal 21 hingga 23 September kedepan.

“Pengumuman DCT akan kami lakukan mulai tanggal 21-23 September. Begitu ditetapkan sebagai DCT, maka para caleg ini sudah bisa melakukan kampanye mulai tanggal 23 September sampai 13 April 2019,” ujar Suardana.

Selain menggelar pleno DCT, KPU Buleleng sebut Suardana juga melakukan rapat sosialisasi dengan beberapa agenda. Diantaranya bintek terkait laporan dana kampanye kepada parpol dan SK pemasangan zona Alat Peraga Kampanye (APK) di seluruh desa di Buleleng.

“Nanti kalau ada caleg yang ingin memasang APK berupa Baliho, umbul-umbul dan spanduk, maka caleg harus berkordinasi dengan parpolnya masing-masing. Karena peserta pemilu pada tahun 2019 ini kan partai politik” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular