Rabu, Februari 28, 2024
BerandaBulelengTetapkan Perda Ini, Dewan Buleleng Harap UMKM Bisa Eksis dan Mampu Besaing

Tetapkan Perda Ini, Dewan Buleleng Harap UMKM Bisa Eksis dan Mampu Besaing

BULELENG, balipuspanews.com – DPRD Buleleng secara resmi telah menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Buleleng tentang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, serta Perlindungan Produk Lokal menjadi Perda dalam Rapat Paripurna yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Gedung DPRD Buleleng, Senin (4/12/2023).

Ketua DPRD Kabupaten Buleleng Gede Supriatna mengatakan Ranperda tersebut merupakan inisiatif dari DPRD Buleleng dengan harapan ke depan bisa memberikan arah, landasan, dan kepastian hukum dalam pemberdayaan UMKM, serta memberikan perlindungan terhadap produk-produk lokal di Kabupaten Buleleng.

Sebab pihaknya menilai kegiatan usaha merupakan pilar perekonomian rakyat. sehingga pertumbuhannya diharapkan mampu mendorong distribusi barang atau jasa terutama produk lokal di masyarakat sekaligus terciptanya perluasan lapangan pekerjaan yang berdampak ke peningkatan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat Buleleng khususnya.

“Jadi harapan kami tentu ke depan melalui Perda ini keberadaan UMKM di Kabupaten Buleleng akan eksis dan mampu bersaing dengan produk UMKM lain di luar daerah,” harapnya usai memimpin sidang.

Selanjutnya pihaknya mendesak supaya Pemerintah Kabupaten Buleleng segera mengambil langkah untuk menindaklanjuti Perda tersebut dengan regulasi dibawahnya baik berupa Peraturan Bupati (Perbup) atau dalam bentuk Surat Edaran (SE).

BACA :  Tekan Harga Jelang Hari Raya, Pasar Murah dan Operasi Pasar Digalakkan

“Kami berharap Perda ini bisa segera ditindaklanjuti entah dibuatkan Perbup atau berupa surat edaran,” pintanya.

Sementara Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menilai apa yang menjadi usulan DPRD Buleleng telah sejalan dengan visi misinya yakni mengedepankan usaha kecil dan menengah sebagai penggerak perekonomian. Sehingga pihaknya ucapkan terimakasih kepada pimpinan dan anggota DPRD yang mengajukan Ranperda UMKM sebagai inisiatif di tahun ini.

Selanjutnya Ranperda tentang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, serta Perlindungan Produk Lokal yang telah disahkan menjadi Perda akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Bali untuk mendapatkan tindak lanjut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular