Staf ahli Kementerian Kesehatan, Prof. Dr. dr. Akmal Taher, Sp
sewa motor matic murah dibali

Jakarta, balipuspanews. com – Staf ahli Kementerian Kesehatan, Prof. Dr. dr. Akmal Taher, Sp. U (K) mengatakan Thalasemia masih menjadi salah satu penyakit dengan beban pembiayaan terbesar di Indonesia.

Menurut Prof. Akmal Ini beban buat negara besar sekali. Bahkan biaya tersebut hanya untuk perawatan. Sementara itu, belum ada alokasi pembiayaan khusus untuk pencegahan penyakit thalasemia.

“Hingga saat ini, pemeriksaan atau screening untuk pencegahan thalasemia masih bersifat sukarela,” katanya di Kementerian Kesehatan Jakarta, Rabu (28/11)

Lebihlanjut Prof. Akmal mengatakan dengan adanya pertemuan Southeast Asian Thalassemia Forum (SEATHAF) ini pemerintah ingin bisa memberikan masukan pengalaman-pengalaman dari negara di Asia Tenggara terkait dengan penanganan thalasemia. Hal itu nantinya juga diharapkan bisa dijadikan kebijakan.

Southeast Asian Thalassemia Forum (SEATHAF) dihadiri oleh 10 negara, yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia. Vietnam, Filipina, Myanmar, Singapura, Laos (observer), Kamboja (observer) dan Brunei Darussalam (observer).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kerja sama negara negara ASEAN dalam meningkatkan kewaspadaan nasional tentang thalasemia dan menjalin kerja sama saling berbagi informasi dan pengalaman dalam bentuk praktik terbaik (best practice) dalam pencegahan dan pengendalian thalasemia. (Ivan/bpn/tim)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here