Minggu, Juli 21, 2024
BerandaBadungTidak Diberikan Kerja, Oknum Purnawirawan Ancam Warga Dengan Peluru

Tidak Diberikan Kerja, Oknum Purnawirawan Ancam Warga Dengan Peluru

MANGUPURA, balipuspanews.com – Polres Badung ungkap kasus pemerasan dengan ancaman kekerasan, dan berhasil menangkap pelakunya berinisial IKA seorang purnawirawan Polri. Pelaku diketahui sakit hati karena tidak diberikan pekerjaan sehingga melakukan pengancaman.

Menurut Kasatreskrim Polres Badung AKP I Gusti Nyoman Jaya Widura, S.T.K., S.I.K., M.H., didampingi Kasi Humas Iptu I Ketut Sudiana, SH, modus pelaku dalam kasus ini yakni membuat surat bertuliskan tangan yang berisikan ancaman kekerasan kepada beberapa korban untuk menyerahkan sejumlah uang.

Kasus pemerasan ini terjadi pada Jumat 27 November 2023 sekitar pukul 12.38 WITA ini sempat viral diberbagai media sosial beberapa hari lalu.

“Pelaku oknum purnawirawan ini mengirimkan surat yang berisikan ancaman akan mengeksekusi korban, melakukan pemerasan serta mengirim peluru senjata api ke rumah korban,” beber AKP Widura.

Dijelaskanya, motif pelaku melakukan aksinya selain sakit hati dengan korban, mengingat tidak diberi pekerjaan juga karena kebutuhan ekonomi.

Adapun barang bukti yang diamankan 25 Butir peluru aktif (Kal. 9mm sejumlah 19 buah, Kaliber 7,62mm sejumlah 2 buah, Kaliber 5,56mm sejumlah 1 butir dan Kaliber 0.50 BMG sejumlah 3 Buah), 1 unit sepeda motor yang digunakan pelaku saat melakukan Tindak pidana, 1 buah helm, 1 buah jaket, 1 pasang sepatu, 2 buah lembar surat berisikan ancaman kekerasan beserta amplop.

BACA :  Seratus Lebih ASN Purnabhakti Kota Denpasar Terima Penghargaan

“Pelaku dijerat pasal 1 ayat (1) UU Darurat No. 12/1951 tentang perbuatan menguasai amunisi tanpa hak, Pasal 368 ayat (1) KUHP tentang pemerasan dan Pasal 335 ayat (1) ke-1 tentang ancaman kekerasan,” bebernya.

AKP Widura menjelaskan Polres Badung juga berhasil mengamankan pelaku tindak pidana pencurian sebagaimana dalam pasal 362 KUHP dengan TKP Desa Mengwitani, Mengwi, serta kasus pencurian dengan pemberatan/jambret dengan TKP Jl. Raya Sading, Desa Darmasaba, Kecamatan Mengwi.

“Dari para pelaku diamankan barang bukti berupa 3 buah HP, uang tunai dan 2 unit sepeda motor,” tandasnya.

Penulis: Kontributor Denpasar

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular