Jumat, Februari 23, 2024
BerandaBadungTidak Kantongi Suket Rapid, Enam Mobil Travel dan Bus Diamankan di Terminal...

Tidak Kantongi Suket Rapid, Enam Mobil Travel dan Bus Diamankan di Terminal Mengwi

MANGUPURA, balipuspanews.com – Kendaraan arus balik yang datang dari Pulau Jawa dan masuk ke Bali mulai diperketat. Personel gabungan Satuan Lalulintas Polres Badung yang melakukan penyekatan di Terminal Type A Mengwi Badung berhasil menindak tegas 6 unit kendaraan penumpang (travel dan bus) yang bermasalah.

Pasalnya, seluruh penumpang yang ada di dalam kendaraan tersebut tidak mengantongi surat kesehatan (suket) Rapid Tes Antigen. Selain tidak membawa Suket Rapid, ke 6 kendaraan tersebut juga tidak memiliki ijin trayek alias bodong. Akibatnya, petugas Polantas mempolice-line enam kendaraan tersebut di Terminal Mengwi Badung.

Menurut Kasatlantas Polres Badung, AKP Aan Saputra, kendaraan yang datang dari Pulau Jawa ke Bali mulai berdatangan, pada Selasa (18/5/2021). Setelah berkoordinasi dengan pihak Terminal Type A Mengwi Badung, pihaknya langsung melakukan pengetatan dan pemeriksaan dari pagi hingga malam hari.

Dalam pengetatan tersebut pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas dengan memasukan seluruh kendaraan yang dari arah barat menuju Denpasar dan Singaraja ke dalam Terminal. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu kelancaran lalulintas.

BACA :  Ny. Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan Fashion Branding

Dari pemeriksaan itu ditemukan adanya beberapa kendaraan penumpang yang bermasalah.

“Dari hasil pemeriksaan kami temukan adanya pelanggaran 4 unit Travel dan 2 unit Bus,” ungkapnya, Rabu (19/5/2021).

Diuraikannya, seluruh penumpang baik travel dan bus tidak memiliki surat Rapid Test. Sehingga pihaknya pun memberikan bantuan dengan menyiapkan tenaga medis dari Dinkes untuk membantu Test Rapid dan GeNose.

Selain penumpangnya tak membawa surat Rapid, menurut AKP Aan, ke 6 kendaran semua bermasalah terkait operasional yang tidak sesuai dengan trayek dan ke 4 Trevel tersebut ada juga indikasi tanpa ijin atau bodong.

Sehingga pihaknya menilang kendaraan tersebut.

“Keenam kendaran ditilang dan hasil kordinasi bersama kepala Terminal Mengwi sementara diamankan diterminal Mengwi,” ujarnya.

Adapun rincian kendaraan tersebut yaitu Bus Al Jabar N 7130 UV dengan penumpang rombongan ziarah asal Malang. Bus bernopol AD 7701 JN membawa penumpang rombongan ziarah asal Pawaden Buaran Pekalongan.

Kemudian, dua Travel Serdadu Tridatu DK 1432 QC dan DK 7003 TDA berpenumpang umum asal Banyuwangi. Travel bernopol P 7915 VN dengan penumpang umum asal Banyuwangi dan travel Aqila B 7003 TDB berpenumpang umum asal Jember.

BACA :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Pisah Sambut Kajati Bali

Menyusul diamankannya ke 2 Bus yang berpenumpang Ziarah setelah koordinasi dengan kepala Terminal, kata perwira asal Makassar, Sulawesi Selatan ini, seluruh penumpang diangkut pakai 2 Bus Damri dengan tujuan Hotel yang disediakan dari pihak Dinas Perhubungan.

“Dalam pemeriksaan para penumpang anggota Polantas selalu berdasarkan SOP dan humanis serta memperhatikan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Penulis : Kontributor Denpasar  

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular