19/09/2020, 8:13 AM
Beranda Editor's Picks Tidak Punya Rumah, Pemangku Pura Dang Kahyangan Majapahit Hidup Nomaden

Tidak Punya Rumah, Pemangku Pura Dang Kahyangan Majapahit Hidup Nomaden

NEGARA, balipuspanews.com – Kehidupan pasangan suami istri Jro Mangku I Made Suartika dan Jro Mangku Istri Ni Komang Subakti, Pemangku Pura Dang Khayangan, Majapahit, Negara sangat memprihatinkan. Mereka hidup nomaden lantaran tidak punya tempat tinggal lagi.

Saat ini warga Lingkungan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara ini terpaksa tingga di salah satu rumah kost. Jro Mangku Istri Ni Komang Subakti, yang sehari-hari berjualan lawar dan jajanan tradisional, dipinggir Jalan Wijaya Kusuma, selatan RSU Negara Rabu (26/6/2019) menuturkan mereka hidup berpindah -pindah lantaran ada permasalahan internal.

Sebelumnya juga mereka sempat menumpang dirumah kerabatnya di Lingkungan Kebon, Kelurahan Baler Bale Agung dan sejak tiga bulan lalu mereka ditampung oleh kerabatnya dirumah kost.

“Karena ada persoalan sejak bertahun-tahun kami pindah – pindah, sebelumnya kami menumpang dirumah kerabat di Kebon, setelah sempat kembali lagi, sekarang pindah dan diajak dirumah kost kerabat suami saya, ujarnya. Meski diberikan menghuni rumah kost tersebut secara tanpa membayar namun dia tidak tahu nantinya.

“Saya belum tahu kedepannya mau tinggal dimana lagi,” ungkapnya.

Menurutnya suaminya sudah sering mengadukan dan meminta solusi atas persoalan yang dihadapinya ke Kelurahan Baler Bale Agung, namun hingga kini belum ada solusi yang diberikan.

“Dari dulu kami sudah melaporkan ke Kantor Lurah, tapi tidak pernah ada solusi. Usia kami sekarang sudah semakin tua, semoga kedepan bisa ada solusi sehingga tidak terus seperti ini. Kami akan tetap ngayah baik di dadia maupun di Pura,” ungkapnya.

Sementara Kepala Lingkungan Beler Bale Agung, Putu Gede Narmada dikonfirmasi membenarkan pasangan pemangku ini merupakan warga diwilayah Lingkungan Baler Bale Agung dan belum masuk sebagai KK Miskin,

“Mereka memang warga kami tapi memang belum masuk KK miskin. Mereka sekarang memang menempati kost milik kerabatnya,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Beler Bale Agung, IB Gede Ananda Kusuma mengatan terkait masalah ini pihaknya masih menunggu laporan dari Kaling Baler Bale Agung. (Rls/bpn/tim)

- Advertisement -

Gali Lubang Pondasi, Dua Buruh asal Sumba Tewas Tertimbun

GIANYAR, balipuspanews.com - Akhir hidup yang cukup tragis menimpa dua buruh proyek asal Sumba, NTT. Keduanya tewas tertimpa longsoran tanah saat menggali pondasi bangunan...

Dapat Info Terkait Adanya Tajen, Polsek Banjar Langsung Grebeg Lokasi

BULELENG, balipuspanews.com - Pelaksanaan kegiatan judi sabung ayam (tajen) jelas dilarang sesuai pasal 303 KUHP, berdasarkan hal itu pihak kepolisian terus mengadakan pemantauan terhadap...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play