Operasi Patuh Agung, polisi gelar Razia.
Operasi Patuh Agung, polisi gelar Razia.

DENPASAR, balipuspanews.com- Tiga hari Operasi Patuh Agung 2019 digelar, jajaran Satlantas Polresta Denpasar berhasil menjaring 405 pengendara motor. Ratusan pelanggar yang terkena razia ada juga wisatawan asing.

Menurut Kasubag Humas Polresta Denpasar Iptu Andi Muhamad Nurul Yaqin, ratusan pelanggaran dikenakan surat tilang ditempat. Sementara dari Ops Patuh tersebut, ada 110 pengendara yang diberikan teguran karena helmnya tidak diklik, serta pengendara membonceng anak kecil tidak memakai helm.

“Operasi yang digelar di beberapa lokasi seperti kawasan perbelanjaan, perkantoran, kawasan wisata, kawasan pemukiman serta di jalan raya ini, petugas sudah menyita 106 SIM, 280 STNK dan 18 unit sepeda motor, ” ungkap mantan Kanitreskrim Polsek Kuta Selatan ini.

Dijelaskannya, pengendara sepeda motor merupakan pelanggar terbanyak. Sedangkan dari 405 penindakan, 336 pengendara motor, 43 mobil penumpang, 22 mobil mengangkut barang, dan 4 bus.
Diterangkannya, dalam ops patuh ini diimbau kepada masyarakat pengguna kendaraan untuk selalu mentaati peraturan berlalu lintas seperti surat-surat, mentaati rambu-rambu, serta tertib lalulintas dalam berkendara.

“Kepada masyarakat yang berpergian menggunakan sepeda motor dengan mengenakan pakaian adat atau keagamaan seperti udeng, jilbab, peci atau kopiah agar tetap memakai helm. Jika tidak mengenakan helm tetap akan di tilang,” tandasnya. (pl/bpn/tim)