Selasa, April 16, 2024
BerandaBulelengTiga Rumah di Desa Madenan Kena Longsor, PJ Bupati Langsung Serahkan Bantuan

Tiga Rumah di Desa Madenan Kena Longsor, PJ Bupati Langsung Serahkan Bantuan

BULELENG, balipuspanews.com – Tiga rumah di Banjar Dinas Gentuh, Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, Buleleng, Bali terkena longsor pada Jumat (30/12/2022) sekitar pukul 11.15 WITA. Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan seluruh penghuni rumah selamat.

Menyikapi hal itu, Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengunjungi sekaligus memberikan bantuan kepada tiga warga Desa Madenan, Kecamatan Tejakula yang menjadi korban senderan longsor yakni Nengah Manis, Made Miasa, dan Komang Sutarya yang masih satu pekarangan.

Lihadnyana menjelaskan apa yang diberikan adalah sebagai bentuk kepedulian serta perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng kepada masyarakat yang terkena musibah. Masing-masing keluarga yang rumahnya terkena longsor diberikan bantuan berupa paket sembako, selimut, dan tikar.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban keluar dari tiga warga masyarakat Desa Madenan ini,” jelasnya saat penyerahan bantuan bersama Dinas Sosial (Dinsos) dan dinas terkait lainnya, Sabtu (31/12/2022).

Selaku Penjabat Bupati, dirinya juga sudah menginstruksikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) untuk mengecek jalan penghubung antara rumah warga dengan Pura Desa.

BACA :  Tim Gabungan Kelurahan Penatih Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen, Guna Menciptakan Tertib Administrasi Kependudukan

Hal itu yang menyebabkan longsornya senderan rumah ketiga warga ini. Pengukuran juga diperlukan agar secepatnya bisa diperbaiki. Jika jalan tersebut tidak diperbaiki, dikhawatirkan akan merembet ke yang lainnya.

“Selain itu, Pemkab Buleleng juga sudah mencarikan bantuan untuk perbaikan rumah warga masing-masing Rp25 juta,” ujar Lihadnyana.

Lihadnyana juga mengungkapkan saat ini sudah memasuki musim cuaca ekstrem. Oleh karena itu, ia meminta seluruh pihak terkait untuk bersiap melakukan mitigasi bencana.

Jajaran camat, perbekel, termasuk OPD terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menyusun langkah-langkah mitigasi. Harus sesering mungkin melihat dan mengecek di lapangan untuk selalu melakukan mitigasi.

“Apa saja yang bisa membahayakan warga agar segera dilakukan tindakan – tindakan pengamanan. Semoga ini menjadi bencana yang terakhir,” ungkap dia.

Sementara itu, Camat Tejakula I Gede Suyasa mengatakan kunjungan dari Penjabat Bupati Buleleng ini secara tidak langsung memberikan motivasi yang kuat terhadap warga yang mengalami musibah senderan longsor.

Diharapkan, dengan bantuan yang diberikan oleh Pemkab Buleleng, warga yang terdampak bisa kembali memperbaiki rumah mereka.

BACA :  Ribuan Tokoh Kecamatan Kubu Dorong Suyasa “Tantang" Gede Dana dalam Pilkada Karangasem

“Tentunya melalui dukungan dan bantuan dari Pemkab Buleleng,” katanya.

Perbekel Desa Madenan Made Mustika menyebutkan bantuan dari Pemkab Buleleng sangat bermanfaat bagi warganya yang terdampak senderan longsor. Khususnya untuk merehab rumah tinggal dari warga tersebut. Agar para warga tersebut lebih nyaman terlebih di musim hujan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Penjabat Bupati, camat dan para pimpinan SKPD,” sebutnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular