Ketua Yayasan Trash Hero Indonesia I Wayan Aksara saat di temui panitia makedas- kedas di sekretariat Trash Hero.
Ketua Yayasan Trash Hero Indonesia I Wayan Aksara saat di temui panitia makedas- kedas di sekretariat Trash Hero.
sewa motor matic murah dibali

GIANYAR, balipuspanews. com – Dukungan terus mengalir dalam rangka aksi “makedas-kedas”, kali ini Trash Hero Indonesia mendukung aksi tersebut dari mata hati untuk mata air di Pura Batu Karu, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan pada hari Minggu (10/11/2019) mendatang.

“Kegiatan merupakan bagian dari Responsif atau peduli dan sustainability atau berkelanjutan dari media untuk peduli lingkungan, ” kata Ketua Yayasan Trash Hero Indonesia I Wayan Aksara ketika ditemui di sekretariatnya di Blahbatuh, Gianyar, Minggu (14/7/2019).

Lebih jauh, pria yang juga seniman kendang ini mengatakan kepedulian mata air merupakan bagian membangun kepedulian.

“Peduli lingkungan utamanya sampah plastik laksana kran air, paling penting dilakukan adalah mematikan kran itu sehingga air tidak mengalir terus, kalau megalir terus sebanyak kali kita mengepel lantai maka akan tetap basah, ” jelas Aksara.

Seperti dijelaskan oleh  Ketua Panitia “Mekedas-kedas” mengatakan mekedas  (bersih-bersih) adalah upaya untuk memelihara diri dan lingkungan dari segala yang kotoran utamanya sampah, hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman. Mekedas-kedas diambil sebagai salah satu langkah mengajak para generasi muda untuk mencintai sekaligus melestarikan lingkungan.

Balipuspanews merupakan media online yang berdiri pada tahun 2016 di Kabupaten Gianyar. Balipuspanews hadir menyajikan berita dari mata hati untuk memberikan berita – berita yang menginspirasi.

Berawal dari rasa kepedulian terhadap masalah sampah di Bali maka balipuspanews sebagai media online memiliki kewajiban untuk memerangi masalah sampah utamanya sampah plastik yang sampai saat ini masih menjadi momok di Pulau yang sudah terkenal dimanca dunia.

Setelah sebelumnya melakukan acara “mekedas –kedas dari lingkunganku memulai,” dengan membersihkan mata air dari kepungan sampah di Desa Pesaban, Rendang, Karangasem, Bali.

Kini pada momentum ulang tahun ke-3 balipuspanews kembali menyelenggarakan acara mekedas-kedas di mata air kawasan Pura Batukaru, Desa Wongaya Gede, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan.

Mata air adalah sumber kehidupan yang mesti dijaga, untuk itu mata air merupakan salah satu pusat pemerhatian dari media online balipuspanews. Sebagai langkah kepedulian terhadap sumber kehidupan itu media online balipuspanews setiap tahunnya menyelenggarakan kegiatan mekedas-kedas dilingkungan mata air.

Agenda ini mesti terus didengungkan kepada para generais millennial, sebab keberadaan mata air mesti terus dijaga dari sampah sehingga lingkungan mata air tetap lestari.
Maka dari itu acara ini mengambil tema “Mekedas-kedas”, dari Mata Hati untuk Mata Air yang artinya kebersihan mata air dan lingkungan dimulai dari hati nurani atau mata hati.

Tema ini sekaligus menjadi inspirasi untuk merubah tagline balipuspanews yang semula BERITA AKTUAL BALI,, kali ini menjadi ”DARI MATA HATI MENGINSPIRASI”.

Maksud dan tujuan dari tagline ini adalah agar media online balipuspanews dengan mata hatinya atau nuraninya mampu menyajikan berita berita yang menginspirasi pembacanya laksana mata air yang senantiasa mengalir dengan kejernihannya memberikan kehidupan umat manusia.

Kami berharap acara ini bisa tersu bisa dilanjutkan di desa-desa yang lain sehingga terwujud kepedulian mata air dan sampah dari tingkat desa. Acara yang kami buat ini diharapkan mampu meningkatkan rasa peduli terhadap mata air dan sampah plastik agar terciptanya lingkungan, sehat dan bersih serta mampu memberikan inspirasi baru dalam menggali nilai sumber kehidupan.

Acara ini secara khusus didukung oleh komunitas peduli lingkungan utamanya sampah seperti Trash Hero Indonesia dan Pramuka Peduli Bali, Para Pemuda Pemudi Tabanan dan komponen lainnya di Bali. (bud/Art/bpn/tim).