Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBulelengTiga Tanaman Herbal Ini, Diolah Oleh Panji Herbal dan Diyakini Miliki Khasiat

Tiga Tanaman Herbal Ini, Diolah Oleh Panji Herbal dan Diyakini Miliki Khasiat

BULELENG, balipuspanews.com – Ada yang sangat menarik disela-sela acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) II Staf Ahli Kepala Daerah se-Bali Tahun 2022 di Kabupaten Buleleng.

Yakni terlihat dari sejumlah produk herbal yang dipamerkan ternyata didominasi tiga tanaman herbal yakni jahe merah, kunyit temulawak dan sorgum.

Seperti yang dipamerkan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Tulus Bakti PKK Desa Panji melalui Panji Herbal dengan tiga produk olahan obat-obatan, yang meliputi jahe merah, kunyit temulawak dan jaje Bali olahan dari sorgum.

Salah satu anggota KWT Tulus Bakti PKK Desa Panji, Liman Dewi mengatakan jika Panji Herbal sudah berdiri selama 3 tahun yang lalu.

Produk-produk yang dipamerkan memiliki manfaat yang berbeda. Jahe merah dapat membantu melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan dan menghangatkan tubuh serta meningkatkan imun tubuh.

“Untuk kunyit temulawak dapat membantu menurunkan asam lambung. Jadi, menjaga kestabilan lambung kita. Produk keduanya berupa serbuk dan cairan yang sudah tinggal di minum,” terangnya.

Ditambahkan juga, untuk produk jahe merah dan kunyit temulawak terdapat berupa serbuk dan cairan. Di mana, kedua produk ini memiliki manfaat yang sama.

BACA :  Pemkot Denpasar Berikan Penghargaan Bagi Calon Pensiunan PNS

“Dalam bentuk cairan sudah langsung di minum dan bisa ditaruh di kulkas dengan tahan sampai 1 minggu, untuk serbuknya bisa tahan selama 6 bulan,” ujarnya.

Untuk harganya, produk jahe merah seharga 35 ribu rupiah, kunyit temulawak 30 ribu rupiah. Sedangkan untuk botolannya dihargai 7 ribu rupiah.

Tidak hanya di Kabupaten Buleleng, Panji Herbal sudah mengikuti berkali-kali pameran di luar Kabupaten Buleleng, seperti di Kabupaten Jembrana dan Nusa Dua.

Dengan adanya pameran ini, diharapkan Panji Herbal nantinya semakin diminati kalangan masyarakat Bali pada umumnya dan Kabupaten Buleleng pada khususnya.

Tidak hanya itu, pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah telah mengadakan pameran obat tradisional serta memfasilitasi stand, yang diharapkan dapat memperkenalkan produk-produk yang dimiliki, seperti olahan obat-obatan herbal dan tradisional.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular