Tim Definitif Porprov Telah Ditetapkan KONI Buleleng

Ketua KONI Kabupaten Buleleng I Ketut Wiratmaja  
Ketua KONI Kabupaten Buleleng I Ketut Wiratmaja  

BULELENG, balipuspanews.com – Perlahan tapi pasti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buleleng telah secara resmi menetapkan tim definitif yang akan memperkuat Buleleng dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 mendatang.

Ketua Umum KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja mengatakan saat ini KONI telah menetapkan tim berjumlah 639 orang yang akan dikirim untuk berjuang mewakili Buleleng meraih medali. Rincian dari tim itu yakni 484 orang diantaranya adalah atlet dan 155 orang official.

Lanjut dijelaskan Wiratmaja, penetapan jumlah tim definitif telah dituangkan dalam surat keputusan KONI Buleleng serta melalui sejumlah pertimbangan dan parameter yang telah dilaksanakan.

Seperti diantaranya hasil tes fisik I dan II, kajian bidang sport science KONI Buleleng dan hasil perolehan medali pada Porprov tiga tahun lalu di Kabupaten Tabanan.

“Kebijakan kami dengan jumlah tim definitif itu mengirimkan masing-masing perwakilan dari 43 cabang olahraga yang bernaung di bawah KONI Buleleng. Namun disesuaikan dengan proporsi.

Setelah dilakukan penilaian dengan berbagai aspek, cabor-cabor diklasifikasikan menjadi klaster unggulan, prioritas dan binaan,” papar Wiratmaja saat ditemui, Senin (22/8/2022).

Kemudian usai ditetapkan seluruh atlet yang sudah tercatat sebagai tim definitif tersebut mulai mengikuti pemusatan latihan, pada 20 Agustus hingga 20 November mendatang.

Dimana seluruh tim definitif ditahap ini akan mengikuti tes psikologi yang dilangsungkan KONI Buleleng pada 25 September nanti.

Sehingga melalui tes psikologi diharapkan dapat memberikan gambaran KONI Buleleng, sejauh mana mental juara yang dimiliki atlet dan official yang akan dikirimkan.

Sementara itu dengan tim kontingen yang akan memperkuat Buleleng itu, KONI Buleleng memasang target medali meningkat 10 persen dari Porprov tiga tahun lalu.

Pada Porprov tahun 2019 di Tabanan Buleleng dengan kekuatan 670 orang atlet dan official berhasil mengumpulkan 55 medali emas, 52 medali perak dan 82 medali perunggu.

“Mudah-mudahan dengan seleksi ketat yang sudah kita lakukan, bisa mencapai target yang sudah ditetapkan masing-masing Pengkab. Kami juga masih menunggu kepastian beberapa atlet terbaik Buleleng yang saat ini ikut Pelatnas seperti atlet Bulutangkis Komang Ayu Cahya Dewi, apakah nanti diberikan izin turun di Porprov atau tidak, yang jelas kami sudah mengirimkan surat permohonan ke Ketua Pelatnas,” terangnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan