Selasa, Juli 16, 2024
BerandaJembranaTim Gabungan Geledah Rutan Negara

Tim Gabungan Geledah Rutan Negara

JEMBRANA, balipuspanews.com– Areal Rumah Tahanan (Rutan) kelas ll B Negara, Selasa (14/10/2023) kembali menjadi sasaran penggeledahan. Bukan hanya blok yang dihuni warga binaan (WBP) ruang terbuka yang biasa menjadi tempat aktivitas mereka juga diperiksa. Selain itu WBP penghuni Rutan Negara juga di tes urine.

Penggeledahan dilakukan oleh tim gabungan dari Tim Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, Rutan Negara, Aparat Penegak Hukum (APH) baik Polri dan TNI.

Tim gabungan bergerak bersama-sama dengan petugas Rutan dan Tim Divisi Pemasyarakatan menuju blok hunian. Penggeledahan dilakukan secara detail dan menyeluruh ke seluruh sudut ruangan.

Satu per satu WBP digeledah badannya sebelum mensterilkan kamar hunian untuk dilakukan penggeledahan. Segala jenis barang terlarang dan berbahaya yang didapatkan dari penggeledahan blok hunian serta open camp diamankan.

Beberapa jenis barang seperti barang pecah belah, senjata tajam seperti pisau kecil, alat cukur, sendok besi, serta kartu remi.

“Barang-barang yang didapatkan ini selanjutnya akan kami musnahkan dan warga binaan yang memiliki barang tersebut akan kami tindak lanjuti,” ungkap Kepala Rutan Negara, Lilik Subagiyono.

BACA :  Wawali Arya Wibawa Dorong APIP Percepatan Pembangunan yang Efektif dan Efisien

Menurutnya kegiatan ini merupakan langkah progresif Rutan dalam wujudkan Rutan yang zero halinar.

“Kita akan lakukan penggeledahan ke seluruh blok hunian tanpa terkecuali termasuk juga tes urine. Sapu bersih, segala jenis barang terlarang dan berbahaya yang ditemukan dalam blok,” tegasnya.

Setelah melakukan penggeledahan, kegiatan dilanjutkan dengan tes urine kepada warga binaan dengan mengambil sample sebanyak 97 orang. Hasil dari tes urine tersebut menunjukkan bahwa seluruhnya negative.

“Kegiatan positif seperti ini akan kami laksanakan untuk mewujudkan Rutan Negara yang zero halinar,” pungkasnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular