Tim Gabungan Masih Temukan Warga Tanpa Masker Saat Razia Prokes di Kecamatan Dawan

Pelanggar prokes diminta push up oleh petugas
Pelanggar prokes diminta push up oleh petugas

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Sidak Tim gabungan Polres Klungkung, Kodim 1610/Klungkung dan Satpol PP untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan (prokes) di Kecamatan Dawan, Klungkung, Kamis (19/11/2020), masih menemukan sejumlah warga yang melanggar.

Kebanyakan warga melanggar tidak memakai masker hingga menggunakan masker tidak menutup mulut dan hidung. Warga yang melanggar diberikan teguran lisan, disuruh push up hingga membayar denda.

Operasi yustisi ini sesuai Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Nomor 74 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin masyarakat dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid-19 di Kabupaten Klungkung.

Kasatpol PP Putu Suarta turun langsung memimpin Tim Gabungan beserta jajaran Personil Polres Klungkung yang berdasarkan sprin dalam Ops Aman Nusa II di wilayah Yustisi Pemda Klungkung.

Menurut Kastpol PP Putu Suarta, Operasi Yustisi dilaksanakan diseputaran wilayah Kecamatan Dawan dengan menyasar warga yang sedang beraktivitas dan pengendara yang tidak menggunakan masker di sepanjang jalan raya Gunaksa.

“Petugas langsung memberikan teguran tertulis dan meminta warga menghapalkan pengucapan Pancasila serta memberikan hukuman efek jera dengan melakukan push up dan melaksanakan denda sesuai dengan Perbup Nomor 74 Tahun 2020, selain itu petugas juga tetap mengajak kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan diantaranya dalam penggunaan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan,” ujar Putu Suarta tegas.

PENULIS : Tim Liputan Covid

EDITOR : Oka Suryawan