Tim Gabungan Turunkan Alat Berat Untuk Bersihkan Material Longsor di Desa Trunyan

Nampak alat berat diturunkan ke Desa Trunyan, Kintamani untuk membuka jalan desa yang tertutup material longsor
Nampak alat berat diturunkan ke Desa Trunyan, Kintamani untuk membuka jalan desa yang tertutup material longsor

BANGLI, balipuspanews.com – Pasca terjadinya bencana longsor di Desa Trunyan, Kintamani, Sabtu (16/10/2021), Polres Bangli bersama Kodim 1626 Bangli, BPBD Bangli dan masyarakat melakukan pembersihan material longsor, Minggu (17/10/2021).

Sebelum kegiatan pembersihan secara gotong royong dilaksanakan, pesonil terlebih dulu mengawali kegiatan dengan apel bersama di Dermaga Kedisan.

“Pembersihan material longsor menggunakan alat berat, yang dimulai dari titik pertama di Desa Buahan, Kintamani,” kata Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dana Aryawan.

Ia menyampaikan, akibat gempa kemarin memang terjadi beberapa titik longsor menuju Desa Trunyan. Untuk itu, pihaknyan hari ini bersama instansi terkait lainnya dan juga masyarakat melaksanakan gotong royong untuk membuka akses jalan dari dan menuju Desa Trunyan.

“Semoga pembersihan jalan berjalan lancar untuk memudahkan evakuasi dan menyalurkan bantuan kepada korban dan masyarakat setempat,” ujar Kapolres.

Selain itu, pembukaan akses jalan penghubung ke Desa Trunyan agar masyarakat dapat melaksanakan aktivitas dengan normal pasca bencana longsor yang terjadi.

Perwira melati dua dipundak ini juga menginformasikan, dalam proses evakuasi pihaknya sempat terkendala untuk memindahkan batu besar yang ada di lokasi. Namun, BPBD Bangli telah melakukan koordinasi agar proses evakuasi dapat cepat terlaksana.

“Akibat longsor kemarin, di sepanjang jalan menuju Trunyan terdiri dari batuan dan tanah. Kendala di lapangan yaitu memindahkan batu yang terlalu besar sehingga alat berat yang ada tidak mampu memindahkan. Untuk itu, BPBD masih melakukan koordinasi, mudah-mudahan secepatnya dapat diselesaikan,” ucap Kapolres.

Penulis : Komang Rizki

Editor : Oka Suryawan