Kamis, Maret 28, 2024
BerandaNewsEdukasiTim Robotik Unud Berkompetisi di Ajang Kontes Robot Indonesia

Tim Robotik Unud Berkompetisi di Ajang Kontes Robot Indonesia

SURABAYA, balipuspanews.com – Pusat Prestasi Nasional atau Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemendikbudrsitek menggelar Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional Tahun 2022 dimana Institut Teknologi Sepuluh Nopember ditunjuk menjadi penyelenggaranya.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 29 Juni 2022 hingga 4 Juli 2022, dimana pembukaan berlangsung secara hybrid yakni online melalui URL Zoom dan Offline dari Graha Sepuluh Nopember, Kampus ITS Sukolilo Surabaya, Jumat (1/7/2022).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT.,Ph.D.,IPU turut menghadiri acara pembukaan secara daring sesuai undangan yang disampaikan.

KRI Tingkat Nasional ini diikuti oleh 121 dari 54 perguruan tinggi sesuai hasil seleksi wilayah yang telah dilakukan termasuk diantaranya kontingen dari Universitas Udayana.

Kepala BPTI Asep Sukmayadi, S.IP.,M.Si dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ini ajang pertama kali yang dilaksanakan secara on site semenjak masa pandemi.

Kegiatan sudah diinisiasi sejak tahun lalu dan menunjuk ITS sebagai penyelenggaranya. Kita akan melihat secara on site persaingan yang sangat sengit.

BACA :  Komite II DPD RI Gelar Kunker ke Gresik Terkait Pengawasan Pelaksanaan UU Minerba

Melalui kesempatan tersebut Kepala BPTI juga memberikan penghargaan kepada Tim dari ITS yang telah menjadi juara umum Kontes Robot Tingkat Internasional di Amerika Serikat. Kepala BPTI berharap mudah-mudahan pandemi terus melandai dan pengembangan talenta bisa terus dikembangkan.

Pihaknya ingin memperkuat sejumlah intervensi di fase pembibitan termasuk fase transisi ketika anak didik kita di perguruan tinggi. Kita menyadari anak didik kita memiliki potensi yang luar biasa dan daya inovasi yang sangat bagus.

Kita juga ingin mendorong standar-standar kompetisi yang tidak menentang kreativitas mahasiswa dan memperluas kesempatan untuk mengembangkan teknologi.

Mahasiswa mempunyai kesempatan besar untuk membuktikan inovasi yang dimiliki dan BPTI hanya memfasilitasinya. Sudah disiapkan program untuk memberikan apresiasi dan insentif seperti skema beasiswa.

Kompetisi ini tidak hanya ingin membangun keterampilan tetapi juga membangun karakter Pancasila yang berintegritas, tangguh dan berdaya saing.

Melalui kesempatan tersebut Kepala BPTI juga mengapresiasi persiapan yang sudah dilakukan ITS dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Sumber: www.unud.ac.id

Editor: Oka Suryawan

BACA :  Cari Berkah BTV : Sule Berencana Gagalkan Hubungan Nunung dan Jarwo Kwat
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular