Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKlungkungTim SAR Gabungan Evakuasi WNA yang Terhantam Ombak di Pantai Kelingking

Tim SAR Gabungan Evakuasi WNA yang Terhantam Ombak di Pantai Kelingking

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang WNA asal Prancis yang mengalami cedera akibat digulung ombak saat berenang di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Rabu (24/8/2022).

Laporan yang diterima Unit Siaga SAR Nusa Penida menyebutkan bahwa korban cedera pada lengan kiri dan memerlukan bantuan evakuasi.

“Laporan kami terima pada pukul 13.50 Wita dari bapak Made Windu yang merupakan seorang guide,” terang Gede Darmada, Kepala Kantor Basarnas Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar).

Tak lama berselang, segera diberangkatkan 4 orang personil dan 1 orang medis dari RS Nusa Medika menggunakan RIB 02 Nusa Penida. Tim juga melakukan koordinasi dengan Polsek Nusa Penida dan Puskesmas Nusa Penida.

“Kami melakukan pergerakan melalui jalur laut karena medan di objek wisata Pantai Kelingking itu sangat sulit untuk melakukan evakuasi korban melalui jalur darat,” ungkap Cakra Negara selaku Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida.

Setelah tim tiba di lokasi, beberapa tim diturunkan untuk berenang mendekati pantai dikarenakan RIB tidak dapat sandar ke bibir panti.

BACA :  Hanya Berbekal 13 Ribu, Sepuluh Orang ABG Dipulangkan

“Kita berenang menurunkan rescuer ke pantai kemudian di treatment, dibidai,” imbuhnya.

Usai berhasil menaikkan korban ke RIB, selanjutnya WNA itu dibawa menuju Pelabuhan Segitiga Emas Nusa Penida. Sekitar pukul 17.25 WITA mereka telah sandar dan sudah menunggu ambulance dari Klinik Nusa Medika.

“Korban kita evakuasi menuju ke pelabuhan selanjutnya dibawa ke Klinik Nusa Medika untuk mendapatkan pertolongan atau perawatan lebih lanjut,” tutup Cakra.

Selama proses evakuasi melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali Unit Siaga SAR Nusa Penida, Polsek Nusa Penida, Klinik Nusa Medika, kerabat Korban serta masyarakat setempat.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular