Jumat, April 19, 2024
BerandaBadungTim SAR Selamatkan Dua Turis Terjebak Air Laut Pasang

Tim SAR Selamatkan Dua Turis Terjebak Air Laut Pasang

MANGUPURA, balipuspanews.com – Tim SAR mengevakuasi 2 orang warga negara asing yang terjebak air laut pasang di Pantai Nunggalan, Kabupaten Badung, pada Senin (23/1/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) bahwa estimasi kejadian sekitar pukul 21.00 WITA.

“Kami Terima info pada pukul 23.00 WITA dari teman korban, meminta bantuan evakuasi,” terang Gede Darmada, S.E., M.A.P., Kepala Kantor Basarnas Bali, pada Selasa (24/1/2023).

Dijelaskannya, kedua turis asal Russia dengan inisial GX (25/P) dan IK (25/L) berusaha bertahan dengan berlindung pada batu yang tinggi.

“Menerima informasi itu, sebanyak 7 orang personil bergerak menuju Pantai Nunggalan,” terang Gede Darmada.

Keterangan yang sama menurut Koordinator lapangan, Gede Suastra, mengungkapkan bahwa proses evakuasi harus melewati medan yang ekstrim. Apalagi akses menuju korban melewati jalan setapak dipinggir tebing dan selanjutnya berenang.

“Kami membujuk korban untuk berenang dengan pelampung agar bisa naik ke atas melalui jalan setapak,” terangnya.

Proses tim naik hingga sampai ke atas membutuhkan waktu kurang lebih selama 40 menit dengan cahaya terbatas.

BACA :  Peringati May Day, Pemkot Denpasar Bersama Serikat Pekerja Akan Gelar Pentas Budaya

“Tak banyak orang umum yang mengetahui akses jalan setapak tersebut, kami mengetahuinya setelah berkoordinasi dengan security hotel seputaran Pantai tersebut,” tutur Suastra.

Selanjutnya, Operasi SAR selesai dilaksanakan pada Selasa (24/1/2023) sekitar pukul 00.46 WITA. Seluruh korban dalam keadaan selamat. Unsur SAR yang terlibat selama proses evakuasi diantaranya Basarnas Bali, Ditsamapta Polda Bali, Linmas Pecatu, Pecalang Desa Pecatu dan masyarakat setempat.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular