Tim Yustisi Tertibkan Iklan Produk Tembakau di Karangasem

Tim yustisi tertibkan iklan rokok di Karangasem
Tim yustisi tertibkan iklan rokok di Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Tim Yustisi Pemkab Karangasem menertibkan spanduk atau baliho iklan, reklame produk tembakau, pada Senin (28/11/2022).

Dalam kegiatan penertiban tersebut, belasan anggota Tim Yustisi yang terdiri dari unsur Satpol PP, TNI, Polri, Dinas Perizinan, Kejaksaan Negeri Karangasem melakukan penyisiran disejumlah ruas jalan di Kecamatan Karangasem dan Manggis.

Saat penyisiran, sejumlah spanduk dan baliho yang ditemukan terpasang pada pohon perindang langsung dibersihkan. Selain itu, tim juga menyisir toko, kios dan warung yang ada terpasang spanduk dan baliho reklame produk tembakau.

Kabid Penegakkan Hukum (Gakkum) Satpol PP Pemkab Karangasem, I Made Aditya Sugiharta mengatakan, dalam operasi penertiban kali ini, pihaknya berhasil menertibkan ratusan baliho iklan rokok berbagai merek dan ukuran.

Penertiban ini dilakaukan karena melanggar Perbub Nomor 35 Tahun 2020, tentang Penyelenggaraan Reklame. Dimana dalam Perbup Nomor 35 Tahun 2020 tersebut diatur tentang larangan memasang spanduk, baliho, reklame/iklan produk tembakau di sepanjang jalur protokol Provinsi dan Nasional.

“Kami juga memberikan sosialisasi kepada pemilik warung, kios, toko kecil/besar terkait aturan Perbup Nomor 35 Tahun 2020 tersebut, agar nantinya apabila ada suplayer produk tembakau yang ingin memasang baliho dan iklan produk rokok mereka, pedagang pemilik toko dan warung bisa menyampaikan aturan tersebut,” ujar Aditia.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan