Tinggi Gelombang Capai 4 Meter, Nelayan Pilih Tidak Melaut

Petugas BNPB saat sedang memantau gelombang di Pantai Selatan Gianyar
Petugas BNPB saat sedang memantau gelombang di Pantai Selatan Gianyar

GIANYAR, balipuspanews.com – Tinggi gelombang di pantai selatan wilayah Gianyar sejak beberapa hari belakangan membuat BPBD Gianyar memberikan peringatan. Apalagi, air pasang seperti di Pantai Lebih sampai naik ke areal parkir.

Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta, mengatakan, berdasarkan prakiraan dari BMKG wilayah III Denpasar bahwa informasi potensi banjir pesisir atau rob di pesisir Bali akan terjadi mulai tanggal 12-17 Juli 2022 ini.

“Berdasarkan prakiraan BMKG wilayah III Denpasar tersebut, kami dari BPBD Gianyar menyiagakan Balawista untuk melakukan penjagaan di sepanjang garis pantai yang ada di wilayah Kabupaten Gianyar,” ujarnya sembari mengatakan panjang pesisir pantai di Kabupaten Gianyar yakni sepanjang 15 KM.

Baca Juga :  KPU Klungkung Diminta Tidak KKN dalam Perekrutan PPK

BPBD Gianyar juga mengimbau warga agar tidak melakukan aktivitas apapun di dekat bibir pantai, mengingat gelombang yang saat ini cukup tinggi.

“Tinggi gelombang kurang lebih sampai 4 meter, jangan sampai ada korban. Warga kami imbau agar tidak mendekat ke bibir pantai,” ujarnya.

Nelayan pun dikatakan enggan berlayar pada saat cuaca seperti ini.

“Informasi dari rekan-rekan Balawista, nelayan enggan melaut. Karena sangat membahayakan,” katanya.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan