sewa motor matic murah dibali

Singaraja, balipuspanews.com – Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada memiliki beragam potensi alam yang patut dijadikan sebuah referensi ketika sedang berkunjung ke Kabupaten Buleleng.

Potensi alam itu pun kemudian sudah digarap menjadi daerah tujuan wisata (DTW). Tak pelak, strategi itu pun dinilai sebagai salah satu langkah tepat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa setempat.

Perbekel Desa Wanagiri, I Wayan Gumiasa menjelaskan pengembangan pariwisata di daerahnya dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat.

Mulai dari penggarapan hingga pengelolaan kawasan wisata seluruh unsur masyarakat dilibatkan. Maka dari itu, pengembangan dan pengelolaan tenpat wisata mendapat dukungan dari penuh dari desa dinas maupun adat.

Nah, dalam proses pengembangan khususnya saat pembangunan fasilitas seperti wahana-wahana di lokasi wisata, semuanya dilakukan sesuai aturan. Dimana, pembangunan tersebut tidak dilakukan secara kebablasan.

“Pembangunan fasilitas, seperti anjungan tempat selfie, tetap dikomunikasikan dengan BKSDA. Semua wahana di lokasi wisata dibangun sesuai rel, artinya disesuaikan dengan aturan yang tertuang dan disepakati oleh Dinas ataupun Adat,” ungkap Gumiyasa ketika ditemui dalam aksi bersih lingkungan bersama Dinas Pariwisata Buleleng pada Selasa (20/6).

Menurut Gumiyasa, pengembangan pariwisata sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat desa setempat.

Terbukti, dengan adanya kunjungan, mereka pun akan mulai terangsang untuk membuka usaha dagang.

“Istilahnya, pemerataan kesejahteraan masyarakat. Kalau semua bekerja tentunya tidak ada lagi kesenjangan ekonomi,” imbuhnya.

Pada bagian lainnya, Kadis Pariwisata Buleleng Nyoman Sutrisna mengajak seluruh kalangan masyarakat Wanagiri untuk tetap mendukung pengembangan pariwisata di Wanagiri, salah satunya dengan cara komitmen menerapkan sapta pesona.

“Destinasi wisata Desa Wanagiri sudah dikenal. Nah, agar tetap eksis, dan kunjungan wisata semakin meningkat masyarakat harus komit menerapkan sapta pesona,” singkatnya.

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here