Tingkatkan Pengalaman Riset, Kali Ketiga Unud Teken PKS dengan PT Sanbio

Penandatanganan PKS Unud dengan PT Sanbio
Penandatanganan PKS Unud dengan PT Sanbio

BOGOR, balipuspanews.com-
Universitas Udayana kembali mendatangi PT Sanbio dalam rangka penandatanganan kerja sama. Kegiatan ini merupakan kali ketiga dilakukan oleh Unud bersama PT Sanbio.

Tujuan PKS kali ini tiada lain dalam rangka meningkatkan pengalaman riset dan praktek bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana selalu menambah kerja sama dengan berbagai pihak.

Seperti yang dilakukan pada 30 Mei 2022, FKH Unud melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT. Sanbio Laboratories, bertempat di Avenzel Hotel and Convention Cibubur.

PT Sanbio Laboratories merupakan perusahaan obat hewan yang bergerak pada bidang obat hewan dan vaksin hewan khususnya unggas.

Penandatanganan kerja sama ini merupakan perpanjangan kerja sama yang ketiga antara FKH Unud dengan PT Sanbio yang sudah dimulai dari tahun 2019.

Baca Juga :  Pasang Jaring Ikan, Bocah 13 Tahun Hilang di Bendungan Titab

Kegiatan penandatanganan PKS ini dihadiri oleh dekan, wakil dekan, koordinator program studi, ketua unit dan tenaga kependidikan di lingkungan FKH Unud.

Sedangkan dari pihak PT. Sanbio Laboratories diwakili oleh Steffi Ong, B. Sc (Hons), Wakil Direktur PT. Sanbio Laboratories dan drh. Arini Nurhandayani, MM. selaku Factory Manager PT. Sanbio Laboratories.

Steffi Ong menyampaikan terima kasih kepada FKH Unud atas kerjasama ini. Ditambahkan bahwa sudah sangat banyak kegiatan yang sudah berjalan antara PT. Sanbio dengan FKH Unud seperti pembuatan seed vaksin, uji lapang vaksin (H5N1 dan H9N2), serta kegiatan magang mahasiswa.

Diharapkan juga kegiatan kerja sama ini dapat berlangsung seterusnya serta dapat memberikan benefit kepada kedua belah pihak.

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana yang diwakili oleh Dekan FKH, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Sanbio atas kerja sama yang sudah berjalan selama ini serta kedepan.

Baca Juga :  Argentina, Polandia Maju ke 16 Besar Piala Dunia; Meksiko, Arab Saudi Gagal

Kerja sama antara FKH Unud dengan PT. Sanbio sangat penting, dikarenakan PT Sanbio bisa menjadi sarana praktek dan riset bagi mahasiswa FKH khususnya pada bidang pembuatan Vaksin.

Lebih lanjut Prof. Suartha menambahkan kegiatan kerja sama ini tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga kepada para dosen maupun peneliti di FKH Unud dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan.

Setelah kegiatan penandatanganan PKS oleh kedua belah pihak. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke PT. Sanbio Laboratories yang terletak di Bogor, untuk melihat secara langsung fasilitas-fasilitas yang di sana.

Pada kesempatan ini, FKH dapat melihat secara langsung fasilitas-fasilitas yang ada disana seperti Ruang Seeding Vaksin, Ruang PCR serta Laboratorium Penelitian dengan Biosafety Level 3.

Baca Juga :  Bocah yang Tenggelam di Bendungan Titab Ditemukan Tak Bernyawa

Fasilitas-fasilitas ini sangat menunjang kegiatan PT. Sanbio khususnya pada riset-riset mengenai Vaksin. Sehingga dosen maupun mahasiswa FKH Unud dapat menggunakan fasilitas ini dalam penelitian mereka.

Prof Dr. drh. Gusti Ayu Yuniati Kencana, MP sebagai PIC kerja sama ini menambahkan, sudah banyak mahasiswa FKH khususnya mahasiswa S2 Kedokteran Hewan melaksanakan penelitian di PT. Sanbio ini.

Dimana hasil riset mereka dapat digunakan sebagai data tambah atau dasar pembuatan produk kesehatan hewan atau vaksin oleh PT Sanbio. Sehingga kedua belah pihak mendapatkan benefit dari kerja sama ini.

Sumber: www.unud.ac.id
Editor: Oka Suryawan