Tingkatkan Sinergi, BPJS Kesehatan Klungkung Gelar Gathering Badan Usaha Tahun 2022

BPJS Kesehatan Cabang Klungkung mengadakan Gathering Badan Usaha di Hotel Maxone, Gianyar, Senin (27/6/2022)
BPJS Kesehatan Cabang Klungkung mengadakan Gathering Badan Usaha di Hotel Maxone, Gianyar, Senin (27/6/2022)

GIANYAR, balipuspanews.com- Guna mengoptimalkan sinergi antara BPJS Kesehatan dengan Badan Usaha yang telah terdaftar sebagai Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Klungkung mengadakan Gathering Badan Usaha di Hotel Maxone, Gianyar, Senin (27/6/2022).

Mengusung tema “Sinergi Bersama Untuk Optimalisasi Program JKN” Gathering yang juga dihadiri oleh kepala Kejaksaan Negeri Gianyar beserta jajarannya, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar serta 90 badan usaha di wilayah Klungkung, Gianyar, Bangli dan Karangasem ini diharapkan mampu membangkitkan gotong-royong dan sinergi dalam Program JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Elly Widiani menyampaikan kegiatan gathering ini mengusung tema sinergi karena disamping memberikan apresiasi kepada badan usaha atas kepatuhan terhadap program JKN sesuai kategori yang telah ditentukan, kegiatan ini juga sebagai ajang edukasi kepada badan usaha yang belum memenuhi kewajibannya baik yang sudah terdaftar maupun yang belum.

Baca Juga :  Ratusan Atlet dari 14 Provinsi di Indonesia Ramaikan Kejuaraan Fin Swimming Antar Pelajar Klungkung Bali Open 2022

“Kami ingin semua pihak bersinergi, baik itu badan usaha sebagai peserta, Kejaksaan Negeri dan Dinas Tenaga Kerja sebagai bagian penegak kepatuhan agar Program JKN yang yang begitu mulia dan bermanfaat ini dapat mencapai tujuannya, selain itu, tidak dapat dikesampingkan pula apresiasi dan penghargaan sangat perlu diberikan kepada badan usaha yang sangat koperatif,” ungkap Elly.

Penghargaan yang dimaksud oleh Elly diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi badan usaha lainnya yang belum patuh terhadap program JKN, kepatuhan tersebut bisa berupa kepatuhan pendaftaran, pembayaran iuran hingga penyampaian data kepada BPJS Kesehatan.

“Output lain yang kami inginkan juga adalah badan usaha yang belum patuh dapat segera memenuhi kewajibannya, karena sesuai ketentuan BPJS Kesehatan dapat melakukan tindakan pemeriksaan ke lapangan dengan dinas tenaga kerja hingga pemberian Surat Kuasa Kusus (SKK) kepada Kejaksaan untuk melakukan tindakan penegakan kepatuhan,” tegasnya.

Baca Juga :  Presiden Ingatkan Potensi Ancaman Resesi Global

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Gianyar, dr. Ni Wayan Sinaryanti, S.H., M.H. yang hadir memberikan sambutan serta membuka acara menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini, ia sangat berharap tema yang diusung dapat diwujudkan oleh semua pihak sehingga program JKN yang merupakan program strategis nasional dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Temanya sangat bagus, tentunya kegiatan seperti ini akan semakin menciptakan pemikiran-pemikiran bagus untuk program JKN, kami dari kejaksaan tentunya sangat siap bersinergi sesuai dengan tufoksi karena ini program strategis nasional yang wajib diwujudkan seusai undang-undang,” ungkap Sinaryanti.

Sementara itu untuk apresiasi atau penghargaan yang diberikan kepada badan usaha, BPJS Kesehatan Cabang Klungkung memberikan tiga penghargaan dengan nominasi masing-masing, antara lain untuk Kepatuhan Penyampaian Data Kepesertaan diperoleh oleh PT. Mitra Prodin, PIC paling Kooperatif diperoleh oleh RS Bali Med Karangasem, Kepatuhan Pembayaran Iuran diperoleh oleh PDAM Klungkung.(adv)

Baca Juga :  Kembangkan Calon Wirausaha, Badung Gelar “UMKM Badung Expo”

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan