Kamis, April 18, 2024
BerandaGianyarTingkatkan Spiritual, Pemangku Dibekali Pengetahuan

Tingkatkan Spiritual, Pemangku Dibekali Pengetahuan

Gianyar,balipuspanews.com – Seminar Kepemangkuan bertajuk Nyujur Satyam Siwam Sundarma Ruang Pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar, Senin (16/10).

Ketua panitia I Wayan Suda mengatakan tujuan dari kegiatan ini yaitu agar para pemangku mendapatkan tuntunan dan arahan dalam menjalankan tugas sebagai pemangku.

Mengingat pemangku atau orang yang disucikan dalam Agama Hindu, mempunyai peranan yang strategis dalam peningkatan moral dan spiritual.

Kadis Kebudayaan Kabupaten Gianyar I Gusti Ngurah Wijana menyampaikan bahwa seminar ini sangat bermanfaat untuk menjalankan tugas sebagai pemangku.

Mengingat belum semua pemangku mengetahui dan melaksanakan kewajiban sebagai pemangku dengan baik sesuai dengan Swadarmaning Pemangku

Ida Ratu Pedanda Ari Gunung Ketewel dari Gria Gede Pemuteran Babakan dalam paparan materinya menyampaikan mengenai disiplin dan sesananing pemangku.

Pemangku diharapkan tahu setiap pelinggih yang ada di pura tempat pemangku ngayah, pemangku bisa dan mampu ngerias Tapakan Ida Batara, dan tetap menjaga kesucian diri.

Ida Ratu Pedanda Ari Gunung Ketewel juga menambahkan bahwa setiap muput pemangku harus tetap menggunakan pasepan, bajra, dan penyeneng yang terdiri dari minyak, tepung tawar, benang tebus, dan samsam.

BACA :  Tampil Lepas, Gong Kebyar Dewasa Dan Remaja Serangkaian HUT Kota Gianyar Ke-253 Pukau Ribuan Penonton

Ida Ratu Pedanda Putra Kekeran menyampaikan tentang kewenangan Pinandita/Pemangku dimana kewenangan Pinandita menyelesaikan upacara puja wali/piodalan sampai tingkat piodalan pada pura yang bersangkutan.

Pemangku Pura Dalem Desa Kedisan Jro Mangku Nyoman Arta meminta agar ada buku pedoman untuk seluruh pemangku agar pemangku mempunyai pandangan yang sama terhadap tugas dan tanggung jawab.

 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular