Tinjau Pengembangan Vaksin Etana, Dasco Sampaikan Kabar Gembira

Koordinator Satgas Covid-19 DPR RI yang juga Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad ketika melakukan peninjauan pengembangan vaksin Covid-19 dan beberapa produk obat berbasis bioteknologi yang diproduksi PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) di kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021). (Foto: DPR RI)

JAKARTA, balipuspanews.com- Satuan tugas Covid-19 DPR RI melakukan peninjauan ke PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) di kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021).

Koordinator Satgas Covid-19 DPR RI yang juga Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya melakukan peninjauan pengembangan vaksin Covid-19 dan beberapa produk obat berbasis bioteknologi.

Pengembangan vaksin produksi dalam negeri itu kini sudah memasuki uji fase ketiga sebelum nantinya akan diproduksi secara lokal untuk masyarakat Indonesia.

“Sebentar lagi dari pabrik ini ada Etana Vaksin yang juga dikembangkan secara biologi. Saat ini akan memasuki uji fase ketiga yang nantinya bisa membantu proses penyebaran vaksinasi atau kebutuhan vaksin di Indonesia,” ujar Dasco.

Ia menambahkan, Vaksin Etana tersebut nantinya dapat disimpan pada suhu 2-8 derajat Celcius sehingga mudah disimpan di kulkas umum. Uji klinik vaksin diharapkan dapat dilakukan akhir tahun di Indonesia.

Politisi Partai Gerindra itu berharap, vaksin yang diproduksi PT Etana akan dapat membantu menekan angka kasus Covid-19 di tanah air. “Ini cukup akan membantu menekan laju Covid-19 di Indonesia,” tambahnya.

Selain vaksin, Satgas Covid-19 juga melihat perkembangan beberapa produk obat-obatan bioteknologi yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengatasi sejumlah penyakit. Salah satunya adalah obat untuk pasien cuci darah.

“Jadi dengan obat itu bisa tidak pakai transfusi darah waktu cuci darah, dan ada juga beberapa obat-obatan untuk kanker dan lain-lain. Saya pikir masa depan bioteknologi, obat-obatan ini masa depan yang cerah di Indonesia,” ucap Dasco.

Untuk diketahui, sebelumnya Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara telah dikembangkan para peneliti di tanah air. Dengan kehadiran Vaksin Etana maka menambah deretan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri.

Beberapa anggota Satgas Covid-19 DPR RI yang turut hadir antara lain Emanuel Melkiades Laka Lena dan Sari Yuliati (Fraksi Partai Golkar), Andre Rosiade dan Habiburokhman (Fraksi Partai Gerindra), dan Arteri Dahlan (Fraksi PDIP).

Penulis : Hardianto
Editor : Oka Suryawan